Sesumbar RI Tangani Covid-19 Lebih Baik dari Singapura, Luhut Dikritik Habis-habisan

Sesumbar RI Tangani Covid-19 Lebih Baik dari Singapura, Luhut Dikritik Habis-habisan Kredit Foto: Viva

Anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mulyanto mengkritik klaim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Klain itu mengatakan penanggulangan COVID-19 di Indonesia lebih baik dibanding Singapura dan Korea Selatan (Korsel). Menurut Mulyanto, klaim tersebut berlebihan.

Faktanya, berdasarkan laporan harian Our World in Data, indikator-indikator utama penanggulangan COVID-19 di Indonesia masih di bawah Singapura dan Korea Selatan. Mulyanto menyebut jumlah kasus positif harian di Indonesia jauh lebih tinggi dibanding kedua negara itu, begitu juga berdasarkan kasus kematian harian akibat COVID-19. 

"Tingkat kematian akibat COVID-19 Indonesia masih di atas angka 500 jiwa per hari. Sementara Singapura hampir nol kasus dan di Korea Selatan hanya ditemukan 6 kasus. Positivity rate di Indonesia juga relatif masih lebih tinggi, masih di angka 5 persen. Padahal di Singapura dan Korea Selatan lebih kecil dari itu," kata Mulyanto, Rabu 8 September 2021.

Baca Juga: Dibongkar Tokoh NU, yang Rongrong Jokowi 3 Periode Mereka yang Nikmati Kekuasaan

Baca Juga: Interpelasi terhadap Anies Berbuntut Panjang, Nama Harun Masiku dan Juliari Diseret

Dari segi coverage vaksinasi, menurut Mulyanto, Korea Selatan sudah mencapai 58 persen penduduk, bahkan Singapura sudah 78 persen penduduk. Sedangkam saat ini Indonesia masih jauh, baru sekitar 35 persen. 

Untuk itu Mulyanto meminta pemerintah dan masyarakat jangan cepat berbangga dan tetap waspada. Seluruh lapisan masyarakat harus menaati protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas..

"Jadi pemerintah jangan terlalu cepat tepuk dada dan berpuas diri. Fokus saja bekerja tanggulangi pandemi ini dengan sungguh-sungguh. Jangan mudah terbuai euforia yang melenakan.  Masyarakat harus, tetap waspada, hati-hati dan tetap menerapkan prokes," ujar Mulyanto

Sebelumnya dikabarkan Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim, penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia sudah lebih baik dibanding negara-negara di Asia termasuk dari Singapura dan Korea Selatan.

Luhut mengaku mendapat laporan berupa angka absolut penanganan COVID-19 di Indonesia yang lebih baik dari negara-negara Asia. Hal itu disampaikannya di hadapan peserta rapat pengarahan giat Satgas PPKM DAS Citarum di Dago, Bandung, Jawa Barat, Selasa 7 September 2021.
 

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini