Kyai Said Aqil Siradj Dikabarkan Anak Gembong PKI Solo? Ternyata...

Kyai Said Aqil Siradj Dikabarkan Anak Gembong PKI Solo? Ternyata... Kredit Foto: Instagram/Said Aqil Siroj

Muncul foto Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj dikabarkan anak seorang tokoh Partai Komunis Indonesia bernama Achmad Dasuki Siradj yang merupakan anggota fraksi Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan nomor anggota #215.

Kabar itu tersebar di sejumlah media sosial dan disebut terafiliasi Partai Komunis Indonesia. Apakah benar Said Aqil Sirajd merupakan anak anggota PKI sebagaimana disebut dalam unggahan media sosial itu?

Narasi itu ternyata hoaks, karena anggota tidak ada garis keturunan antara Said Aqil Siradj dengan Achmad Dasuki Siradj.

Said Aqil Siradj lahir pada 3 Juli 1953, di Kempek, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat dari pasangan, KH. Aqil Siradj dan Nyai Hj Afifah binti Kyai Harun.

KH. Aqil Siradj merupakan pengasuh Pondok Pesantren Kempek yang menjadi salah satu pesantren penting di Cirebon. KH. Aqil merupakan menantu dari KH. Harun bin Abdul Jalil, seorang tokoh sentral dari Pesantren Kempek.

KH. Aqil juga lahir dari keluarga pesantren, tepatnya pesantren Gedongan, Cirebon. Dia merupakan putra dari KH Siradj, yang masih keturunan dari KH. Muhammad Said Gedongan, Cirebon.

Nama-nama tersebut merupakan tokoh penting dalam penyebaran Islam di Cirebon lewat metode pesantren dan turut berjuang melawan penjajah Belanda.

Sementara Achmad Dasuki Siradj, meski juga berlatar belakang pesantren, adalah tokoh PKI yang lahir pada 23 Mei 1903 di Surakarta, Jawa Tengah.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini