Ini 5 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh untuk Mendukung Penuaan Lebih Sehat

Ini 5 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh untuk Mendukung Penuaan Lebih Sehat Kredit Foto: Instagram/sayurbox

Apa yang dibutuhkan tubuh Anda dalam hal nutrisi akan berubah seiring bertambahnya usia. Vitamin dan mineral esensial menjadi lebih penting untuk kesehatan dan kekebalan tubuh. Berikut 5 nutrisi penting yang menyokong penuaan Anda agar lebih sehat yang kami lansir dari laman Well and Good.

Magnesium

Magnesium adalah mineral yang meningkatkan kekuatan tulang dan produksi protein. Ini juga membantu mengatur kadar gula darah yang stabil. "Orang yang lebih tua cenderung mengonsumsi lebih sedikit, dan mereka cenderung memiliki kondisi kesehatan jangka panjang jika mereka mengonsumsi obat apa pun yang menurunkan kadar magnesium mereka," jelas Dr. Haver seorang dokter kandungan-ginekologi yang berbasis di Galveston, Texas.

Vitamin D

Tubuh Anda cenderung menyerap vitamin D dari matahari seiring bertambahnya usia. Bagi sebagian orang, itu mungkin berarti menggandakan asupan vitamin D harian Anda, yang menurut Dr. Haver membantu menyerap kalsium dan mendukung fungsi tulang, otot, dan kekebalan.

Baca Juga: Dahsyat! Ini Segudang Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh

Untuk menyimpan vitamin sinar matahari itu, tambahkan beberapa makanan kaya vitamin D ke dalam makanan Anda, misalnya kuning telur yang merupakan sumber vitamin D. Ikan seperti salmon sockeye dan tuna juga merupakan sumber yang baik. Jamur, susu, dan keju juga mengandung banyak vitamin D.

Kalsium

"Dengan bertambahnya usia, Anda akan mulai kehilangan lebih banyak mineral ini daripada yang Anda serap," jelas Dr. Haver. "Wanita di atas 50 tahun harus mendapatkan 20 persen lebih banyak [kalsium] daripada orang dewasa lainnya."

Jika anda tergolong vegetarian dan bebas dari produk susu, ada banyak cara lain untuk meningkatkan asupan kalsium Anda. Makanan nabati lainnya, seperti kacang putih, sawi hijau, dan buah ara, juga mengandungnya.

Baca Juga: Jangan Abai! Ini Pentingnya Kalsium pada Anak

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega 3 (lemak baik) mendukung kesehatan otak dan mata. Dr Haver mengatakan mereka dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer, radang sendi, dan gangguan penglihatan.

Adapun sumber yang baik dari lemak sehat adalah ikan berminyak, seperti makarel dan salmon. Kedua jenis itu yang paling mudah ditemukan. Selain itu makanlah beberapa makanan nabati seperti biji chia, kenari, dan edamame untuk meningkatkan omega-3.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini