Rayakan HUT ke-73, Parade Militer Korea Utara Berbeda karena Tanpa Rudal

Rayakan HUT ke-73, Parade Militer Korea Utara Berbeda karena Tanpa Rudal Kredit Foto: KCNA

Korea Utara mengadakan parade militer tengah malam di Pyongyang pada Kamis (9/9/2021) pagi untuk menandai ulang tahun ke-73 pendiriannya tanpa kendaraan militer dan rudal.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un muncul di peron di alun-alun Kim Il Sung dan melambai ke arah kerumunan, tetapi tidak disebutkan dia memberikan pidato, menurut surat kabar Rodong Sinmun.

Baca Juga: Alasan Mulia Mengapa Kim Jong-un Tolak Mentah-mentah Jutaan Vaksin SInovac

Foto-foto pertama dari parade pada Kamis (9/9/2021) tidak menunjukkan persenjataan rudal Korea Utara. Versi baru atau yang diperbarui dari rudal negara sering ditampilkan di parade militer.

Selama parade pada bulan Januari, militer Korea Utara mengungkapkan apa yang menurut para analis adalah rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM).

Oktober lalu, Korea Utara meluncurkan apa yang diyakini para analis sebagai salah satu rudal balistik terbesar di dunia pada parade militer.

Tetapi persenjataan yang ditunjukkan dalam gambar-gambar dari alun-alun Kamis pagi adalah dari berbagai medan perang yang lebih kecil - atau biasa seperti traktor - serta legiun pasukan.

"Anggota pawai yang melewati jalan-jalan ibu kota dengan sepenuh hati menanggapi dengan janji tegas untuk mendorong penguatan kemampuan tempur dan mempertahankan bagian belakang tanah air sosialis sekuat batu," tulis laporan KCNA.

Ri Il Hwan, anggota Biro Politik dan sekretaris Komite Sentral Partai Buruh Korea, berpidato di parade tersebut, menurut KCNA, mengatakan Korea Utara akan 'meningkatkan Tentara Rakyat, pilar dalam membela negara. "Dan akan meningkatkan industri pertahanannya untuk mengubah "seluruh negeri menjadi benteng."

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini