Perempuan Tetap Bisa Eksis di Masa Pandemi, Berikut Tipsnya!

Perempuan Tetap Bisa Eksis di Masa Pandemi, Berikut Tipsnya! Kredit Foto: Istimewa

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Nita Yudi memberikan beberapa tips agar perempuan bisa eksis dan bangkit di masa pandemi.

"Jangan panik, lakukan konsolidasi serta berpikir cerdik melihat hal yang bisa dikolaborasikan, menyaring informasi, serta hijrah ke digitalisasi," kata Nita dalam dialog virtual, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: IWAPI Dorong Pelatihan Digital untuk Perempuan: Agar Bisa Tampil dan Bangkit di Masa Pandemi

Selain itu, Nita juga mengatakan perempuan perlu inovatif dan kreatif dalam menangkap peluang pasar agar dapat terhubung dengan ekosistem digital. Tak lupa, Nita mengingatkan para pengusaha perempuan untuk aktif mengakses informasi stimulus yang diberikan pemerintah untuk UMKM dalam rangka pandemi.

"Modal utama menjadi pengusaha bukan hanya modal materi. Yang utama itu adalah mengenal potensi diri, cerdas melihat peluang, dan melek teknologi. Baru [setelah itu] urusan modal," jelas Nita.

Hal tersebut diamini oleh desainer fesyen Anne Avantie. Ia mengatakan, sikap cerdik dan cerdas dalam melihat peluang di masa pandemi sangat dibutuhkan agar pelaku industri kreatif dapat melalui masa sulit akibat pandemi.

Anne mengatakan, pengusaha perempuan perlu beradaptasi dengan pandemi agar bisa segera bangkit. Ia menekankan, dalam situasi pandemi seperti ini, individu perlu berdamai dengan diri sendiri, waktu, dan keadaan.

"Perempuan dan pandemi harus bersahabat. Pandemi bukan kiamat kecil. Ini adalah kesempatan bagaimana kita mengubah sudut pandang yang berbeda dan bermanfaat bagi orang banyak," tegasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini