Apa Saja Manfaat Kesehatan yang Ada dalam Kunyit?

Apa Saja Manfaat Kesehatan yang Ada dalam Kunyit? Kredit Foto: Antara/Aji Styawan

Indonesia dikenal sebagai negara yang baik tingkat produksi dan konsumi herbalnya cukup tinggi. Banyak anekaragam jenis herbal dapat dengan mudah ditemui di Indonesia. Salah satu jenis herbal yang sering digunakan masyarakat di Indonesia adalah kunyit.

Herbal satu ini multifungsi, karena selain untuk dikonsumi, warna alami yang dikeluarkan kunyit sering dijadikan bahan utama pewarnaan baik inustri tekstil atau lainnya. Lantas apakah ada manfaat kesehatan yang ada dalam kunyit? Apa saja manfaat tersebut? berikut informasinya untuk anda yang kami lansir dari laman webmd.com

Meredakan Depresi

Beberapa senyawa dalam kunyit dapat mendukung kesehatan Anda. Yang paling terkenal adalah kurkumin. Para ilmuwan sangat senang dengan potensi kurkumin untuk meredakan depresi dan membantu antidepresan bekerja lebih baik. Namun sejauh ini, hasil penelitian beragam.

Baca Juga: Ini Manfaat Kesehatan yang Ada Dalam Buah Pepaya

Mengurangi Risiko Diabetes tipe 2

Karena kurkumin dapat membantu melawan peradangan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil, kurkumin bisa menjadi alat yang berguna untuk mencegah atau mengobati diabetes tipe 2. Satu studi mengikuti 240 orang dewasa dengan pradiabetes dan menemukan bahwa mengonsumsi suplemen kurkumin selama 9 bulan menurunkan peluang mereka terkena diabetes. Penelitian sedang berlangsung, tetapi banyak penelitian sejauh ini dilakukan pada hewan, bukan manusia.

Melawan Infeksi Virus

Curcumin dapat membantu Anda melawan berbagai virus, termasuk herpes dan flu. (Tetapi sebagian besar penelitian tentang ini dilakukan di laboratorium, bukan pada manusia.) Perlu diingat bahwa kunyit hanya mengandung sekitar 3% kurkumin, dan tubuh Anda tidak menyerap kurkumin dengan baik, sehingga secangkir teh sesekali tidak akan menyerapnya.

Baca Juga: Hangat dan Menyehatkan! Ini Beberapa Manfaat yang Anda Dapat saat Mengonsumsi Jahe

Sindrom Pramenstruasi

Sebuah studi baru-baru ini yang mengikuti wanita selama tiga siklus menstruasi berturut-turut menemukan bahwa suplemen kurkumin membantu meringankan gejala PMS. Sebuah studi tentang otot dari marmut dan tikus menunjukkan bahwa kunyit juga dapat meredakan kram menstruasi.

Menetralkan Kolesterol Tinggi

Beberapa penelitian menemukan bahwa kunyit dapat menurunkan kolesterol "jahat" LDL, sementara yang lain menyimpulkan bahwa rempah-rempah tidak berpengaruh. Para ilmuwan terus melihat kemungkinan kunyit yang melindungi jantung. Satu studi kecil menemukan bahwa kunyit dapat membantu menangkal serangan jantung pada orang yang telah menjalani operasi bypass.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini