Keren! Lorde Keluarkan Mini Album dalam Bahasa Maori

Keren! Lorde Keluarkan Mini Album dalam Bahasa Maori Kredit Foto: Instagram/Lorde

Musisi Lorde telah merilis mini-album berbahasa Maori. Album ini menggambarkan sesuatu yang “kuat” dan “titik awal” dari sebuah perjalanan.

Dilansir dari The Guardian, artis yang sempat menghilang itu mengaku telah berkonsultasi dengan banyak orang, termasuk dengan para tetua Maori mengenai albumnya itu. Termasuk juga pertimbangan pandangan yang dipegang oleh beberapa orang, jika te reo Maori harus diucapkan hanya oleh Maori.

Baca Juga: Curhat Seorang Musisi, Nasib Royalti Dibayar Rendah

“Agak menakutkan untuk memulai perjalanan apa pun, tetapi saya rasa itu adalah saya.  Saya berada di awal, dan proyek ini adalah titik awal,” sebut Lorde.

Sementara, beberapa artis dan penulis lagu Maori memiliki banyak pengikut di Selandia Baru, jarang mendengar bahasa asli di radio komersial.

Lorde, yang tidak berbicara bahasa itu mengatakan, selain belajar beberapa lagu sederhana di sekolah, dia tidak siap untuk merekam dengsn te reo. Disebutkan, produksi musik ini memakai teknik penyanyi Selandia Baru merekam ulang lima lagu dari album Solar Power-nya dalam te reo Maori, bahasa asli Aotearoa Selandia Baru. Judulnya Te Ao Marama, yang berarti “dunia cahaya”.

“Itu bukan sesuatu yang menjadi bagian besar dari hidup saya, dan itu adalah sesuatu yang membuat saya sedih dan sedikit bersalah,” sebutnya.

Lorde pun memilih penerjemah yang sendiri untuk bekerja sama dalam albumnya. Ia mengaku berfokus pada keajaiban alam untuk terjemahannya.

Baca Juga: Keren! Rich Brian Jadi Satu-satunya Musisi Indonesia Capai 10 Juta Pendengar

“Rasanya sangat besar ketika kami melakukannya. Itu sangat emosional. Saya tidak pernah memiliki pengalaman menulis atau merekam seperti itu. Itu benar-benar powerful," sebutnya.

Hasil penjualan album akan disumbangkan ke dua badan amal Selandia Baru, Forest & Bird dan Te Hua Kawariki Charitable Trust.

 

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini