Ini Tanda Ketika Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Ini Tanda Ketika Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein Kredit Foto: Republika

Kebanyakan orang memulai hari dengan secangkir kopi panas. Aroma kopi yang baru diseduh saja sudah cukup untuk membuat banyak orang tersenyum dan juga memberikan dorongan energi yang sangat dibutuhkan.

Baca Juga: Penting! “Environmental Health” yang Tidak Hanya Sekedar Kesehatan Tubuh Saja

Hanya saja, kopi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun ada beberapa manfaat minum kopi, beberapa orang juga mengalami efek samping tertentu tergantung pada ambang batas konsumsi kafeinnya.

Ahli gizi Rashi Chowdhary mengatakan, kopi sarat dengan antioksidan. Kopi bekerja dengan baik untuk meningkatkan tingkat energi.

"Sebanyak 250 mg dianggap baik untuk kesehatan kardiovaskular Anda juga," ujarnya, dikutip dari laman Indian Express, Jumat (10/9).

Chowdhary mengingatkan, setiap orang memiliki ambang batas konsumsi kopi yang berbeda. Bagi kebanyakan orang, mengonsumsi sekitar 400 mg kafein dianggap aman.

Baca Juga: Tidak Kalah Enak, Ini Pengganti Alternatif Susu untuk Anak

"Tapi jika Anda menjadi merasa gelisah atau gugup, mudah tersinggung, atau mengalami detak jantung yang meningkat, itu mungkin menunjukkan bahwa toleransi Anda terhadap kafein berada di sisi yang lebih rendah," ujar Chowdary.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini