Penting! Ini Cara Mudah Meringankan Migrain

Penting! Ini Cara Mudah Meringankan Migrain Kredit Foto: Unsplash/Usman Yousaf

Sakit kepala sangatlah mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri di bagian kepala terkadang merambah ke bagian tubuh yang lain. Migrain sebagai salah satu jenis sakit kepala dengan kondisi sakit di satu bagian saja sangatlah mengganggu.

Saat migrain menyerang, umumnya orang memilih untuk meminum obat untuk sekedar mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, dan cara ini cukup efektif. Namun tentu tidak bisa disamaratakan kondisi semua orang, terkadang ada juga yang sudah meminum obat tetapi rasa sakit akibat migrain tak kunjung hilang.

Baca Juga: Ini Manfaat Kesehatan yang Ada dalam Buah Pepaya

Berikut kami sajikan informasi mengenai cara yang mudah Anda lakukan untuk meringankan Migrain yang kami lansir dari laman Everyday Health.

Beristirahatlah di Ruangan yang Tenang dan Gelap

Banyak orang dengan migrain melaporkan kepekaan terhadap cahaya dan suara, yang dapat memperburuk sakit kepala. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Nature Neuroscience, rasa sakit yang disebabkan oleh cahaya dapat ditelusuri ke sekelompok sel penginderaan cahaya di mata yang disebut sel ganglion retina fotosensitif intrinsik (ipRGCs).

Sel ini membantu mempertahankan siklus tidur-bangun dan respons pupil terhadap cahaya. Pada tikus, sel-sel ini berkumpul pada sel-sel otak yang mengirimkan rasa sakit.

Paparan cahaya mengaktifkan sel-sel ipRGC dan sel-sel yang mengirimkan rasa sakit. Para peneliti berteori bahwa mekanisme itu bisa menjadi alasan sakit kepala semakin parah dalam cahaya dan membaik 20 hingga 30 menit setelah berada dalam kegelapan.

Kompres Air Hangat atau Dingin ke Kepala atau Leher Anda

Tempatkan kompres hangat atau dingin di dahi atau bagian belakang leher Anda. “Banyak pasien saya lebih memilih kompres dingin,” kata Lawrence C. Newman, MD, direktur divisi sakit kepala di NYU Langone Medical Center di New York City dan anggota dewan American Migraine Foundation.

Dingin dapat memiliki efek mati rasa. "Ini mengalihkan otak dari migrain," kata Janine Good, MD, seorang profesor neurologi di University of Maryland Medical Center di Baltimore. "Anda merangsang ujung saraf lain di mana Anda meletakkan kompres." Lanjutnya.

Baca Juga: Dahsyat! Ini Segudang Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh

Tetap dalam Kondisi Terhidrasi (Cukup Minum)

“Begitu Anda merasakan migrain datang, menghidrasi secara agresif dapat membantu mempersingkat durasi serangan rasa sakit akibat migrain” kata Roderick Spears, MD, ahli saraf dan spesialis sakit kepala di Penn Medicine di Philadelphia. "Minum banyak air bisa membantu," katanya.

Susah minum air putih yang cukup? Cobalah Anda bisa mengkombinasikan air biasa dengan irisan lemon atau jeruk nipis atau menambahkan sedikit jus buah. Ketika air Anda terasa lebih enak, Anda bisa minum lebih banyak.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini