Oh... Ini Cara Agar Otak dan Mental Tetap Sehat

Oh... Ini Cara Agar Otak dan Mental Tetap Sehat Kredit Foto: Pexels/Anna Shvets

Organ dalam tubuh adalah aset berharga yang harus di jaga setiap orang. Kesehatan yang buruk bisa berdampak langsung pada organ-organ tertentu. Sebut saja darah tinggi yang berakibat pada kesehatan jantung atau zat berbahaya yang masuk dalam paru-paru, demikian juga otak.

Otak berperan penting dalam setiap gerak aktivitas manusia. Tapi pola hidup yang tidak sehat seringkali tidak disadari juga merusak otak. Mental yang tidak sehat pun berawal dari banyak beban pikiran yang ada di otak. Maka perlu juga melakukan usaha agar otak tetap sehat dan bisa bekerja sebagaimana fungsinya, salah satunya dengan rutin berolahraga.

Baca Juga: Wajib Tahu! Apa Saja Manfaat Kesehatan dari Vitamin C?

Mental yang tidak sehat pun berawal dari banyak beban pikiran yang ada di otak.

Melansir healthline, Jika Anda berolahraga secara teratur, Anda tidak hanya meningkatkan kekuatan fisik Anda, tetapi juga mengambil langkah penting untuk menjaga kesehatan mental.

Sebuah tinjauan penelitian dari tahun 2016 menunjukkan bahwa aktivitas kebugaran yang konsisten terkait dengan peningkatan ukuran hippocampus, bagian dari otak Anda yang memainkan peran penting dalam memori.

Apakah Anda lebih suka menari, mengendarai sepeda, berenang, atau berpartisipasi dalam olahraga aktif lainnya, Anda mungkin membantu meningkatkan kemampuan motorik dan kesehatan mental Anda. Menurut tinjauan 2016, penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu mengurangi depresi.

Baca Juga: Catat! Stres Tingkat Tinggi Menyebabkan Kualitas Tidur Buruk

Untungnya, Anda tidak harus menjadi atlet profesional untuk merasakan manfaat aktivitas fisik.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk berolahraga secara konsisten, dengan setidaknya 150 menit gerakan aerobik intensitas sedang setiap minggu. Itu bisa sekitar 30 menit aktivitas per hari selama 5 hari. CDC juga merekomendasikan latihan penguatan otot setidaknya dua kali seminggu.

CDC menyarankan untuk membagi waktu aktif ini (olahraga/aktifitas fisik) menjadi bagian-bagian kecil yang tersebar di seluruh hari Anda,. Hal ini dilakukan jika memang dirasa sulit untuk melakukan satu sesi yang panjang secara langsung.

Meskipun tidak semua orang dapat mencapai tujuan ini, sedikit olahraga lebih baik daripada tidak sama sekali. Bahkan aktivitas kebugaran sederhana, seperti jalan cepat biasa, dapat membuat perbedaan.

Baca Juga: Penting! “Environmental Health” yang Tidak Hanya Sekedar Kesehatan Tubuh Saja

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini