Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bareng Panglima Militer Pakistan, Bos CIA Arahkan Fokus ke Afghanistan

Bareng Panglima Militer Pakistan, Bos CIA Arahkan Fokus ke Afghanistan Kredit Foto: AFP
Warta Ekonomi, Islamabad -

Direktur CIA William J. Burns pada Kamis (9/9/2021) bertemu dengan panglima militer Pakistan Jenderal Qamar Bajwa untuk membahas situasi terakhir di Afghanistan, kata militer Pakistan.

Menurut media militer Pakistan ISPR, pertemuan itu berlangsung di Rawalpindi yang berdekatan dengan ibu kota Islamabad, kepala badan intelijen utama Pakistan Letjen Faiz Hamid, yang baru-baru ini mengunjungi Afghanistan, juga hadir dalam pertemuan itu.

Baca Juga: Xi Jinping Gak Terima! Sebut Joe Biden Bikin Hubungan Amerika-China Kian Sulit

"Masalah kepentingan bersama, situasi keamanan regional dan situasi saat ini di Afghanistan telah dibahas," kata sebuah pernyataan singkat.

"Pakistan tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan mitra internasionalnya untuk perdamaian di kawasan itu dan memastikan masa depan yang stabil dan sejahtera bagi rakyat Afghanistan," imbuh rilis dari ISPR.

Pernyataan itu menambahkan bahwa kepala CIA memuji peran Pakistan dalam situasi Afghanistan termasuk operasi evakuasi yang sukses, upaya untuk stabilitas regional. Direktur CIA berjanji untuk memainkan perannya demi peningkatan lebih lanjut dalam kerja sama diplomatik AS dengan Pakistan di semua tingkatan.

Pertemuan itu dilakukan dengan latar belakang pemerintah sementara Afghanistan yang diumumkan oleh Taliban. Kelompok itu telah mengambil alih Afghanistan pertengahan Agustus ketika pasukan asing ditarik setelah tinggal selama 20 tahun.

Pakistan, yang dikatakan memiliki pengaruh atas Taliban, mengatakan pihaknya mengikuti perkembangan situasi di Afghanistan. Bulan lalu, kepala CIA telah bertemu dengan pemimpin Taliban Mullah Ghani Baradar di Kabul.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan