Tajir Melintir! Jadi Menteri Jokowi Paling Kaya Raya, Sandiaga Uno Kuasai Semua Perusahaan Ini

Tajir Melintir! Jadi Menteri Jokowi Paling Kaya Raya, Sandiaga Uno Kuasai Semua Perusahaan Ini Kredit Foto: Instagram/Sandiaga Salahuddin Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyandang status sebagai menteri Jokowi paling kaya raya. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), harta kekayaan Sanidaga Uno mencapai Rp3,815 triliun, tepatnya Rp3.815.767.386.190 yang dilaporkan Sandiaga pada 9 Februari 2021.

Tak heran, menteri yang dekat dengan milenial ini memang dikenal sebagai seorang pebisnis bahkan sebelum debut menjadi politikus. Mantan pasangan Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 itu tercatat menguasai saham sejumlah perusahaan di Indonesia dan membuatnya menjadi menteri terkaya di era Jokowi. Berikut ini daftarnya. Baca Juga: Rambah Bisnis Rokok Elektrik, Gudang Garam Bangun Tiga Perusahaan Sekaligus

1. Saratoga Investama Sedaya

Sandiaga Uno bersama Edwin Soeryadjaja mendirikan PT Saratago Investama Tbk (SRTG) pada tahun 1998 silam. Saratoga tumbuh menjadi perusahaan holding yang aktif berinvestasi ke perusahaan-perusahaan lainnya. Baca Juga: Jadi Anak Buahnya Jokowi, Harta Sandiaga Uno Turun Rp1,2 Triliun

2. Mitra Pinasthika Mustika 

Perusahaan milik Sandiaga Uno berikutnya bergerak di sektor otomotif, yakni PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX). Perusahaan tersebut dirikan oleh pendiri Astra International, William Soeryadjaja pada tahun 1987.

3. Provident Agro

Portofolio bisnis yang dimiliki Sandiaga turut merambah sektor kelapa sawit melalui PT Provident Agro Tbk (PALM). Politikus yang menjadi pendaming Anies Baswedan itu menguasai mayoritas saham PALM melalui Saratoga dengan porsi kepemilikan lebih dari 44,87%.

4. Adaro Energy

Sandiaga juga memiliki kepemilikan secara tidak langsung dalam perusahaan PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Adaro menjadi salah satu perusahaan Sandiaga Uno yang paling terkenal, di mana Garibaldi Thohir (Boy Thohir) pun menjadi pemegang saham mayoritas dalam emiten tambang batu bara itu.

5. Tower Bersama Infrastructure

Gurita bisnis Sandiaga Uno berikutnya bergerak di sektor telekomunikasi. Sandiaga mempunyai hak milik dalam PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG). Perusahaan tersebut merupakan salah satu pembangun menara telekomunikasi terbesar di Indonesia. 

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini