Wacana Reshuffle Kabinet Mencuat, Dua Pembantu Jokowi Ini Tak Bisa Disentuh

Wacana Reshuffle Kabinet Mencuat, Dua Pembantu Jokowi Ini Tak Bisa Disentuh Kredit Foto: Antara/Biro Pers dan Media Setpres

Isu reshuffle menteri kabinet Presiden Jokowi kembali muncul ke permukaan. Wacana reshuffle tersebut kemudian mendapat tanggapan dari pengamat politik, Catur Nugroho.

Catur pun menyoroti soal adanya dua menteri yang tidak tersentuh oleh wacana tersebut. Meskipun beberapa menteri memang layak di-reshuffle karena publik merasa tidak puas dengan kinerja mereka.

Menurutnya, dua menteri tersebut adalah Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menkumham, Yasonna Laoly.

Baca Juga: Pak Jokowi Dengerin Nih, Putra Mahkota Cikeas Lagi Ngomong, Katanya Kritik Janganlah...

“Temuan Arus Survei Indonesia (ASI) dengan IPO tentang reshuffle menteri tidak jauh berbeda, yang mana ada Airlangga Hartarto dan Yasonna Laoly,” kata Catur seperti dikutip dari Terkini.id--jaringan Suara.com, Jumat (10/9/2021).

Ia menyebut bahwa publik merasa tidak puas dengan kinerja Airlangga Hartarto (AH) yang tampak tidak serius dalam menangani pandemi Covid-19.

Hal itu terjadi lantaran Airlangga tampak sibuk menyiapkan diri promosi untuk pencalonan presiden 2024.

Kendati demikian, Catur menilai Presiden Jokowi tidak akan mudah mengganti Airlangga Hartarto maupun Yasonna Laoly.

“Saya enggak yakin Jokowi mau mencopot Airlangga dan menteri dari PDIP seperti Yasonna Laoly,” ungkap dia.

Catur juga memprediksi bahwa reshuffle menteri akan terjadi dalam waktu yang dekat. Sebab, hal itu menurutnya memang perlu diperhatikan Presiden Jokowi untuk memperbaiki kinerja kabinetnya.

Lebih lanjut, ia juga menilai,partai koalisi pemerintah yang makin bertambah memungkinkan terjadinya reshuffle menteri di kabinet.

“Saya prediksi akan terjadi pada bulan ini, mengingat PAN juga sudah resmi masuk koalisi,” tutur Catur.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini