Pakai Aplikasi PeduliLindungi Banyak Faedah yang Didapat

Pakai Aplikasi PeduliLindungi Banyak Faedah yang Didapat Kredit Foto: Antara/Fikri Yusuf

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengembangkan aplikasi PeduliLindungi sebagai upaya pengendalian pandemi Covid-19. Selain mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 dengan mudah, ada banyak manfaat yang didapat dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Memberi peringatan merupakan manfaat pertama yang akan didapat jika menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Melalui aplikasi ini, pengguna akan mendapat notifikasi jika tengah berada di keramaian atau di kawasan zona merah. Selain itu, PeduliLindungi juga dapat memberi informasi apabila di sekitar lokasi terdapat orang yang terinfeksi Covid-19Baca Juga: Kembali Kedatangan Vaksin Covid-19, Indonesia Tambah Stok Vaksin Pfizer dan AstraZeneca

Manfaat berikutnya ialah aplikasi PeduliLindungi dapat membantu dalam pengawasan. Pasalnya, PeduliLindungi akan merekam aktivitas dan pergerakan dari orang yang terinfeksi Covid-19 selama 14 hari terakhir. Hal itu tentu akan memudahkan pemerintah dalam mengidentifikasi dan mendeteksi masyarakat melalui pelacakan data lokasi dan informasi secara digital.

Seperti disebutkan di awal, aplikasi PeduliLindungi akan membantu masyarakat dalam mengunduh sertifikat vaksin Covid-19. Masyarakat pun dapat dengan mudah mengakses sertifikat tersebut melalui aplikasi yang terpasang di smartphone. Masih berkaitan dengan sertifikat vaksin, manfaat PeduliLindungi yang tidak kalah penting adalah menjadi bukti akses layanan publik. Aplikasi tersebut memudahkan petugas di tempat layanan umum untuk mengetahui apakah seseorang sudah mendapatkan vaksin atau belum.

Tak kalah penting, aplikasi PeduliLindungi masyarakat juga dapat merekam hasil tes Covid-19 yang dilakukan oleh pengguna. Sebab, aplikasi PeduliLindungi memiliki fitur yang bisa menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.

Beberapa waktu lalu, Menkominfo, Johnny G Plate, menjelaskan bahwa PeduliLindungi dapat membantu pemerintah dalam melakukan tracing penularan virus corona. Penguatan tracing ini akan membantu proses pengambilan keputusan dan tindakan agar penularan tidak menyebar luas.

"Dengan mengunduh aplikasi PeduliLindungi dan mengaktifkan data lokasi, secara berkala sistem dapat melakukan identifikasi lokasi serta memberikan informasi terkait dengan tingkat risiko lokasi dan zonasi penyebaran Covid-19," pungkasnya dilansir pada Jumat, 10 September 2021.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini