2 Gol Ronaldo Antarkan MU ke Puncak Klasemen Liga Inggris

2 Gol Ronaldo Antarkan MU ke Puncak Klasemen Liga Inggris Kredit Foto: Republika

Kepulangan Cristiano Ronaldo ke Manchester United (MU) menghadirkan aura positif. Dalam debutnya pada periode kedua berseragam MU, Ronaldo sukses mengantarkan timnya menang atas Newcastle United dengan skor 4-1 pada laga pekan keempat Liga Primer Inggris 2021/2022.

Kemenangan Setan Merah dipersembahkan lewat dua gol Cristiano Ronaldo pada menit kedua injury time babak pertama dan menit ke-62. Dua gol lainnya berasal dari Bruno Fernandes dan Jesse Lingard. Adapun gol penghibur the Magpies hadir lewat bek sayap Javier Manquillo. 

Baca Juga: Kekasih Cristiano Ronaldo Mendapat Acara Sendiri di Netflix

Kemenangan ini mengangkat posisi MU ke puncak klasemen, menggeser Tottenham Hotspur. MU mengoleksi nilai 10 dari tiga kemenangan dan sekali imbang. Sementara Newcastle berada di posisi dua terbawah dengan nilai satu dari empat laga.

Jalannya laga

Setan Merah melancarkan percobaan pertama pada menit kedelapan melalui gelandang serang Bruno Fernandes. Menerima umpan matang Paul Pogba, Fernandes langsung menanduk bola yang masih bisa diantisipasi kiper Freddie Woodman.

Semenit berselang Ronaldo menunjukkan aksinya. Pemilik lima gelar Ballon d'Or tersebut melepas tembakan kaki kiri dari sudut sempit gawang the Magpies, julukan Newcastle.

Ronaldo kembali mencoba peruntungannya. Kali ini pemilik nomor keramat 7 di Setan Merah melepas tembakan dari sisi kanan gawang Woodman. Sayang, bola masih melambung tinggi dari mistar gawang.

Berkat permainan agresif hingga menit ke-20 MU jauh lebih menguasai pertandingan dengan catatan penguasaan bola 75 persen berbanding 25 persen milik Newacastle. Alhasil, armada Steve Bruce terpaksa menerapkan permainan serangan balik cepat. Namun beberapa kali peluang justru tersaji melalui bek sayap Matt Ritchie, Allan Saint-Maximin, dan striker Joelinton.

Newcastle nyaris membuka gol pertama pada menit ke-28 andai Joseph Wilock lebih tenang saat di depan gawang MU. Wilock memilih melepas tembakan keras yang berakhir di atas mistar gawang David De Gea. Padahal Joelinton berdiri bebas dari kawalan bek MU.

Giliran MU yang membuang kesempatan emas. Jadon Sancho yang mendapat bola terobosan Fernandes mencoba menusuk ke tengah dan langsung melepas tembakan yang membentur bek lawan, menghasilkan tendangan sudut.

Newcastle terlihat lebih rapat dengan menempatkan lima hingga enam pemain di area dalam kotak penalti. Skema itu membuat para pemain depan MU kesulitan melpas tembakan dari luar kotak penalti, yang sekaligus menutup ruang gerak Ronaldo.

Pada menit ke-36 giliran Newcastle melakukan tekanan. Menerima operan Ciaran Clark melalui situasi bola mati, Allan Saint-Maximin dari luar kotak penalti langsung melepaskan tembakan keras yang masih meleset ke kiri gawang De Gea.

Steve Bruce terlihat tampak cemas dari pinggir lapangan. Pelatih asal Inggris kerap melempar teriakan kepada para pemain untuk tetap menjaga konsentrasi sekaligus tak membuang kesempatan saat melakukan aksi serangan balik ke gawang MU.

Ronaldo membuka keran gol MU pada menit kedua injury time setelah tembakan keras Mason Greenwood tak bisa diantisipasi dengan baik oleh Woodman yang membuat bola liar langsung disambar oleh Ronaldo. Skor 1-0 untuk keunggulan MU bertahan hingga turun minum.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini