Ini Waktu Terbaik Berolahraga untuk Menjaga Kesehatan Otak

Ini Waktu Terbaik Berolahraga untuk Menjaga Kesehatan Otak Kredit Foto: Unsplash/Derick McKinney

Berapa kali dalam sepekan kita harus berolahraga?

Waktu ideal dan durasi olahraga dapat ditentukan berdasarkan tujuan yang akan dicapai. Menurut WHO, untuk olahraga dengan intensitas menengah bisa dilakukan mulai dari 75-150 menit per pekan, sedangkan olahraga berintensitas rendah bisa dilakukan mulai dari 150-300  per pekan. 

Leony menganjurkan bila ingin menjaga kesehatan tubuh, maka dapat berolahraga selama 30 menit setiap hari dengan jangka waktu sebanyak tiga kali sepekan, yang disesuaikan dengan kesibukan setiap harinya. Namun, bila jika punya tujuan lebih spesifik, seperti ingin memperdalam olahraga tertentu, mengurangi berat badan, dan membentuk otot-otot di tubuh, maka orang memerlukan waktu yang lebih lama serta intensitas latihan lebih tinggi.

Baca Juga: Kecil Bermanfaat, Yuk Lebih Mengenal Nigella Seeds

Leony juga menambahkan, tidak terlalu ada perbedaan yang signifikan antara berolahraga di pagi, siang, sore, dan malam hari. Berolahraga itu bisa menyesuaikan dengan waktu kosong yang dimiliki. 

Namun, ketika berolahraga di sore dan malam hari, dia menyarankan untuk memilih gerakan yang lebih santai dan tidak terlalu intens karena dapat meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh, sehingga akan sulit tidur.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini