Apa Itu Laporan Posisi Keuangan?

Apa Itu Laporan Posisi Keuangan? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators

Laporan posisi keuangan adalah laporan keuangan yang melaporkan aset, liabilitas, dan ekuitas perusahaan pada saat tertentu untuk memudahkan analisis dalam memprediksi arus kas di masa mendatang. Dalam suatu kondisi tertentu, laporan posisi keuangan juga disebut sebagai balance sheet.

Fungsi laporan posisi keuangan ini adalah untuk mengetahui kondisi utang, aktiva, dan juga modal suatu entitas pada suatu waktu tertentu. Dengan mengetahui kondisi tersebut, maka sebuah perusahaan atau entitas akan membuat kebijakan strategis untuk operasi bisnis.

Baca Juga: Apa Itu RSS Feed?

Baca Juga: Apa Itu Portofolio Efek?

Format laporan posisi keuangan mengikuti persamaan dasar akuntansi yang menyatakan bahwa:

Aset = Kewajiban + Ekuitas

Ini berarti bahwa semua item baris aset disajikan terlebih dahulu, dengan total yang sesuai dengan total kewajiban dan ekuitas, yang disajikan berikutnya. Ini selengkapnya!

1. Aset

Aset adalah kekayaan perusahaan ataupun entitas yang di dalamnya terdiri dari kas, piutang, biaya yang dikeluarkan di muka, serta aset tetap. Di dalam laporan posisi keuangan, aset tetap berada di dalam neraca disajikan sebesar nilai bukunya.

Aset di dalamnya terdiri dari kas dan bank, piutang premi, investasi, deposito berjangka, sukuk, efek, properti, logam mulia, dan lain-lain.

2. Kewajiban atau liabilitas

Kewajiban adalah sesuatu yang menjadi tanggungan ataupun diselesaikan oleh pihak perusahaan ataupun entitas dalam jangka waktu pendek atau panjang. Contoh sederhana dari kewajiban utang jangka panjang adalah pendapatan yang diterima dimuka, dan utang pada pihak ketiga.

3. Ekuitas

Ekuitas adalah modal entitas yang dimanfaatkan dalam melakukan operasi ataupun kegiatan perusahaan. Contohnya adalah modal disetor dan juga laba ditahan.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini