Tok! Holding BUMN Ultra Mikro Resmi Beroperasi

Tok! Holding BUMN Ultra Mikro Resmi Beroperasi Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Holding Ultra Mikro yang melibatkan tiga entitas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI, PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM resmi terbentuk. Hal ini seiring dilakukannya penandatanganan Akta Inbreng saham pemerintah pada Pegadaian dan PNM sebagai penyertaan modal negara kepada BRI selaku induk holding.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan hal ini menjadi tonggak bersejarah berdirinya Holding Ultra Mikro yang memiliki visi ekonomi kerakyatan.

Baca Juga: Catatkan Sejarah UMKM Indonesia, BRI Resmi Jadi Induk Holding BUMN Ultra Mikro

“Saya berterima kasih atas komitmen tiga BUMN mewujudkan Holding Ultra Mikro dan ini merupakan momentum kebangkitan ekonomi nasional melalui penciptaan lapangan kerja baru dan penyerapan tenaga kerja,” ujarnya, usai Penandatanganan Akta Inbreng Ultra Mikro, (13/9/2021)

Holding Ultra Mikro, nantinya akan memberikan berbagai kemudahan seperti biaya pinjaman dana yang lebih murah dengan jangkauan yang lebih luas, pendalaman layanan, dan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

Selain itu, pemerintah secara keseluruhan memiliki solusi besar untuk menunjukkan keberpihakan kepada sektor ultra mikro melalui penguatan ketahanan ekonomi dan pertumbuhan berkualitas, mengurangi kesenjangan, dan meningkatkan kualitas SDM terutama pengusaha Ultra Mikro dengan pemberdayaan melalui Holding Umi.

Ketua Project Management Officer Integrasi Holding Umi, Catur Budi Harto mengungkapkan tercapainya sinergi ultra mikro tersebut tidak dilepaskan dari dukungan pemerintah, termasuk diantaranya regulator, parlemen, dan pemegang saham serta seluruh manajemen dan karyawan dari ketiga entitas holding seperti PT BRI, PT Pegadaian, dan PT PNM.

“Oleh karena itu, dengan ditandatanganinya akta inbreng pada hari ini, kami persembahkan Holding UMi ini khususnya untuk pelaku usaha ultra mikro dan umumnya bagi pelaku UMKM yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional serta bagi seluruh stakeholder,” pungkasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini