Sering Terdengar, Sebenarnya Apa Itu Kanker?

Sering Terdengar, Sebenarnya Apa Itu Kanker? Kredit Foto: Edelweiss Hospital

Istilah kanker rasanya semua orang pernah mendengarnya. Pemahaman umum orang-orang tentang Kanker merujuk pada kondisi kesehatan yang memburuk dan berisiko mengalami kematian. Benarkah demikian? Sebenarnya apa itu kanker?

Melansir laman cancer.gov, Kanker adalah penyakit di mana beberapa sel tubuh tumbuh tak terkendali dan menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Baca Juga: Wajib Tahu! Gejala Diabetes Tipe 2 Bisa Terlihat di Kulit

Kanker dapat dimulai hampir di mana saja di tubuh manusia, yang terdiri dari triliunan sel. Biasanya, sel manusia tumbuh dan berkembang biak (melalui proses yang disebut pembelahan sel) untuk membentuk sel-sel baru sesuai kebutuhan tubuh. Ketika sel-sel menjadi tua atau rusak, mereka mati, dan sel-sel baru menggantikannya.

Terkadang proses yang teratur ini rusak, dan sel-sel abnormal atau rusak tumbuh dan berkembang biak ketika seharusnya tidak. Sel-sel ini dapat membentuk tumor, yang merupakan gumpalan jaringan. Tumor bisa bersifat kanker atau tidak bersifat kanker (jinak).

Baca Juga: Oh... Ini Cara Agar Otak dan Mental Tetap Sehat 

Tumor kanker menyebar atau menyerang jaringan di dekatnya dan dapat melakukan perjalanan ke tempat yang jauh di dalam tubuh untuk membentuk tumor baru (proses yang disebut metastasis). Tumor kanker juga bisa disebut tumor ganas. Banyak kanker membentuk tumor padat, tetapi kanker darah, seperti leukemia, umumnya tidak.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini