Apakah Kanker dan Tumor Memiliki Kaitan?

Apakah Kanker dan Tumor Memiliki Kaitan? Kredit Foto: Pexels/Miguel Á. Padriñán

Kedua istilah ini yakni Kanker dan Tumor adalah 2 momok yang cukup ditakuti setiap orang dan berharap agar keduanya tidak ada daam tubuh sehingga memengaruhi kesehatan. Tetapi sering kali kedua hal ini disandingkan satu sama lain. Lantas apakah ada hubungannya antara Kanker dan Tumor? Berikut informasinya.

Baca Juga: Perlu Tahu! 5 Cara Sederhana Ini Bantu Ibu Menyelesaikan Pekerjaan Tanpa Kelelahan

Melansir laman blog.dana-farber.org Kanker adalah penyakit di mana sel-sel, hampir di mana saja di tubuh, mulai membelah tak terkendali. Tumor adalah ketika pertumbuhan yang tidak terkendali ini terjadi pada jaringan padat seperti organ, otot, atau tulang.

Tumor dapat menyebar ke jaringan sekitarnya melalui darah dan sistem getah bening. Pengobatan kanker bertujuan untuk membasmi sel-sel abnormal ini, atau untuk memperlambat atau menghentikan penyebarannya.

Apa itu tumor ganas? Apa itu tumor jinak?

Ada dua jenis tumor padat: ganas (kanker) dan jinak (non-kanker). Tumor kanker dapat menyerang jaringan terdekat di dalam tubuh, dan saat mereka tumbuh, beberapa sel dapat melakukan perjalanan ke tempat lain di tubuh untuk membentuk tumor "sekunder" lainnya, yang juga dikenal sebagai metastasis.

Baca Juga: Apa Anda Termasuk ‘Short Sleeper’?

Contoh tumor ganas padat termasuk karsinoma dan sarkoma. Karsinoma adalah kanker yang dimulai di sel-sel yang membentuk jaringan yang melapisi organ seperti hati atau ginjal. Sarkoma adalah kanker yang terbentuk di jaringan ikat tubuh, seperti otot, tulang, dan saraf.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini