Tidak Kalah dengan Salmon, Yuk Ketahui Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

Tidak Kalah dengan Salmon, Yuk Ketahui Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Kredit Foto: Akurat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kampung Patin di Desa Koto Masjid dalam rangkaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Dalam kunjungannya, Sandiaga melihat desa ini sangat potensial untuk meningkatkan ekonomi lewat pengelolaan ikan patin. Oleh sebab itu, Sandiaga Uno menargetkan ikan patin bisa gantikan impor dori dan salmon.

"Alangkah ironinya kita mengimpor dori, salmon. Padahal di sini bisa 30 ton, hari ini kita canangkan patin harus mampu menggantikan salmon," kata Sandiaga Uno, Minggu, (12/9/2021). 

Baca Juga: Kaya Antioksidan Makanan Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Sama seperti salmon, ikan patin juga kaya nutrisi sehingga baik untuk kesehatan. Berikut manfaat ikan patin untuk kesehatan: 

Menurunkan kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh dalam patin dipercaya baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Pasalnya, dalam 100 gram ikan patin hanya ada  21-30 gram kolesterol. 

Menyehatkan otot

Selain rendah kolesterol, ikan patin juga kaya protein. Sebagaimana diketahui, protein sangat baik untuk menambah massa serta mengencangkan otot. Protein juga diperlukan untuk menjaga daya tahan  tubuh.

Menjaga kesehatan tulang

Bukan hanya dagingnya, tulang dari ikan patin pun kaya dengan nutrisi. Kalsium dan fosfor yang  ada pada tulang ikan patin berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperkuat tulang dan gigi hingga mencegah osteoporosis.

Baca Juga: Makanan Ini Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Stroke Hingga 20%

Mencegah penyakit kardiovaskular

Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin ini mencapai 50 persen dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 7,43 persen kandungan pada daging ikan patin ini adalah asam oleat. Kandungan inilah yang baik untuk pengidap penyakit jantung dan penyakit-penyakit kardiovaskular lainnya.

Selain itu, lemak tak jenuh dapat mengurangi kandungan lemak jenuh yang mungkin menumpuk dan menyumbat pembuluh darah, sehingga kamu terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. 

Baca Juga: Penting! Olahan Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Tekanan Darah Tinggi

Menjaga janin dan mengoptimalkan pertumbuhan bayi

Ikan patin mengandung nutisi yang baik untuk ibu hamil, yakni Docosahexaenoic acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA).  Asam lemak esensial ini dikenal dengan Omega-3, bermanfaat untuk menurunkan risiko bayi lahir dengan kelainan bawaan. Selain itu, Omega-3 juga sangat baik untuk  mendukung kecerdasan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.[]

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini