Berkaitan dengan Sel Tubuh, Apa yang Membedakan Antara Sel Kanker dan Sel Normal?

Berkaitan dengan Sel Tubuh, Apa yang Membedakan Antara Sel Kanker dan Sel Normal? Kredit Foto: Unsplash/National Cancer Institute

Kanker adalah suatu hal yang cukup dikhawatirkan apabila terdeteksi ada dalam tubuh. Kanker diketahui berfokus pada sel dalam tubuh yang memang tumbuh tak terkendali dan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Lantas apa saja yang membedakan antara sel kanker dan sel normal yang ada pada tubuh?

Baca Juga: Sering Terdengar, Sebenarnya Apa Itu Kanker?

Melansir laman cancer.gov, Sel kanker berbeda dari sel normal dalam banyak hal. Misalnya, sel kanker:

Tumbuh tanpa adanya sinyal yang memberitahu mereka untuk tumbuh. Sel normal hanya tumbuh ketika mereka menerima sinyal tersebut.

  • Mengabaikan sinyal yang biasanya memberitahu sel untuk berhenti membelah atau mati (proses yang dikenal sebagai kematian sel terprogram, atau apoptosis).
  • Menyerang ke area terdekat dan menyebar ke area lain dari tubuh. Sel-sel normal berhenti tumbuh ketika mereka bertemu dengan sel-sel lain, dan sebagian besar sel-sel normal tidak bergerak di sekitar tubuh.
  • Memberitahu pembuluh darah untuk tumbuh ke arah tumor. Pembuluh darah ini memasok tumor dengan oksigen dan nutrisi dan membuang produk limbah dari tumor.
  • Bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan biasanya menghilangkan sel-sel yang rusak atau abnormal.
  • Mengelabui sistem kekebalan tubuh untuk membantu sel kanker tetap hidup dan tumbuh. Misalnya, beberapa sel kanker meyakinkan sel kekebalan untuk melindungi tumor daripada menyerangnya.
  • Mengakumulasi beberapa perubahan dalam kromosom mereka, seperti duplikasi dan penghapusan bagian kromosom. Beberapa sel kanker memiliki dua kali lipat jumlah kromosom normal.
  • Bergantung pada jenis nutrisi yang berbeda dari sel normal. Selain itu, beberapa sel kanker membuat energi dari nutrisi dengan cara yang berbeda dari kebanyakan sel normal. Hal ini memungkinkan sel kanker tumbuh lebih cepat.

Baca Juga: Inggris Akan Memulai Uji Coba Tes Darah untuk Mendeteksi 50 Jenis Kanker

Itu dia beberapa informasi mengenai apa yang membedakan antara sel kanker dan sel normal.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini