Menhan Israel Takut Gerilyawan Benar-benar Dilatih Iran Operasikan Drone

Menhan Israel Takut Gerilyawan Benar-benar Dilatih Iran Operasikan Drone Kredit Foto: Flash90/Tomer Neuberg

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz pada Minggu (13/9/2021) menuduh Iran melatih gerilyawan mengoperasikan drone canggih di pangkalan udara Iran, Provinsi Isfahan tengah.

“Salah satu alat penting yang telah dikembangkan Iran untuk membantu proksinya adalah serangkaian kendaraan udara tak berawak (UAV) yang dapat menempuh jarak ribuan kilometer,” kata Gantz dalam pidato di konferensi kontraterorisme yang diselenggarakan oleh pusat penelitian yang dikenal sebagai Interdisipliner Pusat di Herzliya.

Baca Juga: Pesawat Tempur Israel Sasar Sejumlah Titik di Jalur Gaza

Gantz mengklaim bahwa militan dari Yaman, Irak, Suriah dan Lebanon sedang dilatih di pangkalan udara Kashan dengan drone terbang/UAV.

Menteri pertahanan Israel juga menuduh Teheran berusaha mentransfer pengetahuan drone ke Gaza untuk "memungkinkan Hamas dan Jihad Islam memproduksi UAV."

Gantz mengatakan UAV ini diduga digunakan oleh milisi Irak untuk menargetkan pasukan AS dan oleh Houthi Yaman untuk menyerang fasilitas di Arab Saudi.

Tidak ada komentar dari pihak berwenang Iran atas tuduhan Gantz.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini