Amerika: Pakistan Terlibat dalam Penyembunyian Taliban

Amerika: Pakistan Terlibat dalam Penyembunyian Taliban Kredit Foto: Reuters.

Pakistan telah "menahan" anggota Taliban, termasuk teroris dari Jaringan Haqqani terlarang, dan perlu "berbaris" dengan mayoritas luas masyarakat internasional mengenai Afghanistan, kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, pada Senin (13/9/2021).

Diplomat top itu mengatakan Pakistan memiliki "keragaman kepentingan", termasuk beberapa yang berada dalam "konflik yang jelas" dengan Amerika Serikat, ketika ditanya tentang bagaimana AS melihat keterlibatan Islamabad di Afghanistan.

Baca Juga: Blinken bakal Tinjau Ulang Hubungan Amerika dan Pakistan Gegara Taliban

Blinken, saat bersaksi di depan Kongres tentang kemenangan Taliban di Afghanistan, mengatakan keterlibatan India di Afghanistan telah mempengaruhi beberapa tindakan "merugikan" oleh Pakistan.

"Apa yang harus kita lihat adalah desakan bahwa setiap negara, termasuk Pakistan, memenuhi harapan masyarakat internasional tentang apa yang diperlukan dari pemerintah yang dipimpin Taliban jika ingin menerima legitimasi dalam bentuk apa pun atau dukungan apa pun," kata Blinken kepada Komite Urusan Luar Negeri DPR.

“Jadi Pakistan perlu sejalan dengan mayoritas masyarakat internasional dalam bekerja menuju tujuan itu dan dalam menegakkan harapan itu,” kata Blinken.

Pakistan memiliki hubungan yang dalam dengan Taliban dan telah dituduh mendukung kelompok itu secara terang-terangan dan diam-diam. Tuduhan itu telah dibantah oleh Islamabad. Pakistan juga dianggap sebagai salah satu dari dua negara, bersama dengan Qatar, dengan pengaruh paling besar atas Taliban.

Ini juga merupakan tempat di mana banyak pemimpin senior Taliban diperkirakan telah melarikan diri setelah invasi pimpinan AS ke Afghanistan pada tahun 2001. Mantan wakil presiden Afghanistan Amrullah Saleh menuduh awal bulan ini bahwa Taliban sedang dikelola secara mikro oleh ISI—badan intelijen terkenal Pakistan— dan bahwa Islamabad bertanggung jawab atas Afghanistan secara efektif sebagai kekuatan kolonial.

Anggota parlemen AS Bill Keating selama kesaksian mengingatkan pernyataan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan setelah Taliban menguasai. "Perdana Menteri Khan mengklaim Afghanistan telah mematahkan belenggu perbudakan. Jadi kami selalu mendengar secara diplomatis bahwa kami memiliki hubungan yang rumit dengan Pakistan. Saya akan mengatakan itu sering bermuka dua," katanya.

Dia mengatakan bahwa ISI Pakistan memiliki ikatan yang kuat dalam kerjasama dengan Jaringan Haqqani, "bertanggung jawab atas banyak hal termasuk kematian beberapa tentara kami, dan bahkan baru-baru ini ketika Taliban mengambil alih pada bulan lalu".

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini