Apa Itu Iklan Baris?

Apa Itu Iklan Baris? Kredit Foto: Theguardian.com

Periklanan adalah alat pemasaran yang digunakan untuk menciptakan kesadaran tentang suatu produk atau layanan. Perusahaan sering mengandalkan iklan untuk mengenalkan produk mereka dan sering melihatnya sebagai solusi cepat untuk kebutuhan pemasaran mereka, sehingga ada berbagai jenis iklan yang telah dibuat.

Mulai dari iklan cetak, iklan siaran, iklan terselubung, iklan outdoor, dan lain-lain; perusahaan dapat memilih dari beberapa iklan tadi berdasarkan kebutuhan dari masing-masing perusahaan. Iklan baris adalah salah satu dari banyak bentuk iklan dan kita akan membahasnya secara rinci berikut ini.

Baca Juga: Apa Itu Floating Advertisement?

Mengenal Apa Itu Iklan Baris

Iklan baris adalah pesan kecil atau iklan yang ditempatkan di surat kabar, atau majalah. Pesan-pesan ini umumnya dikelompokkan di bawah judul tertentu, atau juga disebut sebagai klasifikasi di bagian terpisah. Iklan baris adalah iklan yang relatif murah. Belakangan ini juga terlihat iklan baris di situs web, jaringan media sosial seperti Facebook, serta di Smartphone dan Tablet.

Sejarah Iklan Baris

Bentuk pemberitahuan publik paling awal yang diketahui adalah pada tahun 2000 SM, ketika orang Mesir Kuno mengukir pemberitahuan publik menggunakan baja. Ini adalah bentuk iklan outdoor paling awal yang tercatat oleh sejarah. Orang Mesir juga memanfaatkan papirus untuk membuat poster dinding dan pesan penjualan.

Namun, bentuk iklan baris yang kita kenal sekarang ini pertama kali tercatat pada tahun 1704 ketika iklan surat kabar pertama ditempatkan di Boston News-Letter, untuk mencari pembeli rumah di Oyster Bay, Long Island, Amerika Serikat.

Jenis-Jenis Iklan Baris

Sekarang mari kita bahas berbagai jenis iklan baris yang biasa ditemui konsumen, antara lain:

1. Iklan Baris Reguler

Ini merupakan iklan teks biasa dan dikenakan biaya per huruf, per baris, atau per kolom. Iklan ini biasanya memanfaatkan lebar kolom, tidak memiliki grafik, dan diketik oleh penerbit media cetak.

2. Iklan Baris Bergambar

Jenis iklan ini menyertakan logo atau gambar visual dan memiliki batas di sekitar teks iklan. Harga iklan ini biasanya lebih mahal dari iklan baris biasa dan dikenakan biaya per kolom sentimeter atau per sentimeter persegi.

3.  Iklan Baris Display

Ini adalah jenis iklan baris paling mahal karena memiliki dampak maksimal bagi audiens. Ukuran minimum iklan adalah 3 sentimeter dan tersedia dalam berbagai ukuran tinggi dan lebar. Pengiklan juga dapat memilih untuk menampilkan iklan baris berwarna.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini