Duh… 18 dari 20 Gorila di Kebun Binatang Atlanta Positif Covid-19

Duh… 18 dari 20 Gorila di Kebun Binatang Atlanta Positif Covid-19 Kredit Foto: Pexels/David Gonzales

Nampaknya Covid-19 tidak akan memandang bulu untuk menginfeksi siapapun. Hal ini kembali terbukti setelah Kebun Binatang Atlanta menyatakan bahwa koleksi hewan primata mereka yakni gorila terkonfirmasi positif Covid-19.

Melansir laman AP News (15/921), setidaknya 18 dari 20 gorila di Kebun Binatang Atlanta kini dinyatakan positif COVID-19. Kejadian positif Covid-19 pada gorila ini terjadi hanya beberapa hari sebelum kebun binatang berharap mendapatkan vaksin hewan untuk primata.

Baca Juga: Bagi Pasien Covid-19 Pengidap Obesitas dan Ibu Hamil, Ini Teknik Proning yang Bisa Dilakukan

Kebun Binatang Atlanta telah mengumumkan tes positif pertama di antara western lowland gorillas (gorila dataran rendah barat) pada hari Jumat setelah karyawan memperhatikan gorila itu batuk, pilek, dan menunjukkan perubahan nafsu makan. Sebuah laboratorium hewan di University of Georgia mengembalikan tes positif untuk penyakit pernapasan.

Kebun Binatang Atlanta mengatakan National Veterinary Services Laboratories di Ames, Iowa, mengkonfirmasi bahwa setidaknya empat sampel dari gorila sejauh ini telah dites positif untuk varian delta virus.

Kebun binatang mengatakan sedang menggunakan antibodi monoklonal untuk mengobati gorila yang berisiko mengembangkan komplikasi dari virus.

Baca Juga: Mengenal Covid Varian C.1.2, Lebih Mematikan?

Para petugas berwenang mengatakan tidak ada bukti bahwa gorila dapat menularkan virus kembali ke mansia dan pengunjung terlalu jauh untuk terinfeksi oleh gorila.

Karena gorila hidup berdekatan, petugas berwenang kebun binatang mengatakan tidak mungkin mengisolasi hewan yang terinfeksi.

petugas berwenang mengatakan mereka percaya seorang karyawan tanpa gejala yang merawat gorila menularkan virus. Karyawan tersebut telah divaksinasi lengkap dan mengenakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan.

“Menurut pedoman kami untuk staf perawatan hewan, jika mereka memiliki gejala pilek sekecil apa pun, mereka harus tinggal di rumah,” kata Dr. Sam Rivera, Direktur Senior Kesehatan Hewan Kebun Binatang.

“Kebetulan anggota tim perawatan hewan, pada hari berikutnya dia mengembangkan tanda-tanda yang dia curigai mungkin konsisten dengan COVID dan dites hasilnya menunjukan positif.”

Direktur Senior Kesehatan Hewan di Kebun Binatang Atlanta Sam Rivera mengatakan kebun binatang akan memvaksinasi gorila dengan vaksin hewan yang telah ada dalam daftar tunggu sebelum tes positif gorila.

Baca Juga: Jika Mengalami Mata Bengkak Wajib Waspada, Bisa Jadi Pertanda Sakit Ginjal Kronis

Delapan gorila di Taman Safari Kebun Binatang San Diego dirawat karena virus itu pada Januari. Satu silverback San Diego menerima rejimen antibodi eksperimental, dan semuanya pulih.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini