Dukung Pelaksanaan PON XX 2021 di Papua, BNPB Kirim Alat PCR

Dukung Pelaksanaan PON XX 2021 di Papua, BNPB Kirim Alat PCR Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam rangka menyiapkan ketersediaan alat PCR untuk tes Covid-19 bagi atlet yang akan berpartisipasi di PON XX 2021 di Papua.

"Kita berkoordinasi dengan Kemenkes mengenai dukungan PCR, dan PCR ini sudah sampai di lokasi," kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi dalam konferensi pers virtual, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga: KONI: Penyelenggaraan PON XX Papua 2021 akan Merujuk Sistem Olimpiade Tokyo 2021

Prasinta mengungkapkan penggunaan tes PCR bagi para atlet ini nantinya akan bekerja sama dengan dinas kesehatan Papua.

Lebih lanjut, ia menyampaikan BNPB akan berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan PON XX 2021 di Papua. Hal ini sesuai dengan arahan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito.

"Kita harus mendukung kelancaran penyelenggaraan PON di Papua dan meningkatkan kesiapan dari tiap individu yang terlibat, baik dalam menghadapi bencana selama penyelenggaraan PON serta meningkatkan persiapan dalam pencegahan dan mitigasi penyebaran Covid-19," paparnya.

Perwakilan BNPB itu menjelaskan upaya-upaya pencegahan dan mitigasi penyebaran Covid-19 selama penyelenggaraan PON XX Papua 2021 akan diwujudkan melalui perubahan perilaku dan dukungan penanganan kesehatan Covid-19.

Ia juga memastikan pihaknya akan turut memantau mobilitas para atlet, mulai dari mobilitas dari dan ke Papua, mobilitas dari dan ke hotel atau venue, serta aktivitas di sekitar venue.

"Sasaran-sasarannya adalah para atlet, panitia pelaksana, ofisial. Kemudian juga ada kegiatan pembagian masker 3M," ujar Prasinta.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini