Apakah Madu Berbahaya untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Apakah Madu Berbahaya untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes? Kredit Foto:

Madu adalah salah satu produk alami yang nyata akan khasiat kesehatannya. Banyak diketahui tentang manfaat dan kesehatan madu apabila dikonsumi. Tapi apakah madu juga aman dan berkhasiat apabila dikonsumsi oleh penderita penyakit tertentu seperti diabetes?

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Kandungan Madu

Melansir laman healthline, Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, 1 sendok makan madu mentah memiliki sekitar 60 kalori dan 17 gram karbohidrat.

Madu juga mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk zat besi, vitamin C, folat, magnesium, potasium, dan kalsium. Ini juga merupakan antioksidan, yang merupakan zat yang mencegah dan memperlambat kerusakan sel.

Penderita Diabetes dan Madu

Perlu diingat bahwa madu lebih manis daripada gula. Jika Anda mengganti madu dengan gula, Anda hanya perlu sedikit.

Baca Juga: Studi Mengungkapkan 50 Persen Penderita Diabetes Tidak Patuh Pengobatan

Karena madu dapat mempengaruhi gula darah, hindarilah dan pemanis lainnya sampai diabetes Anda terkendali. Madu harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakannya sebagai pemanis tambahan.

Jika diabetes Anda terkontrol dengan baik dan Anda ingin menambahkan madu ke dalam diet Anda, pilihlah madu alami yang murni, organik, atau mentah. Jenis ini lebih aman untuk penderita diabetes karena madu alami tidak mengandung gula tambahan.

Namun, wanita hamil dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah tidak boleh mengonsumsi madu mentah, karena tidak dipasteurisasi.

Baca Juga: Jangan Asal Makan, Ada Buah yang Diusahakan untuk Dihindari Penderita Diabetes

Jika Anda membeli madu olahan dari toko kelontong, mungkin juga mengandung gula atau sirup. Pemanis tambahan dapat mempengaruhi gula darah Anda secara berbeda.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini