Kapal Selam Korea Selatan Sukses Luncurkan Rudal Balistik Bawah Air, Lihat Kemampuannya

Kapal Selam Korea Selatan Sukses Luncurkan Rudal Balistik Bawah Air, Lihat Kemampuannya Kredit Foto: Reuters

Tak lama setelah negara tetangganya meluncurkan rudal balistik, Korea Selatan kini juga meluncurkan rudal yang sama dari kapal selam atau SLBM.

Menyadur Korea Times, Rabu (15/9/2021), Korea Selatan menjadi negara ketujuh di dunia yang sukses meluncurkan rudal balistik dari kapal selam (SLBM).

Baca Juga: Gegara Rudal Balistik, Jepang dan Korea Selatan Lanjutkan Bahas Korea Utara

South Korea Test-Fires Ballistic Missile from new KSS III Submarine - Naval  News

Negara ini berhasil dalam uji coba peluncuran bawah air dari kapal selam, Cheong Wa Dae mengumumkan Rabu.

Presiden Moon Jae-in memeriksa penembakan di pusat uji lokal Badan Pengembangan Pertahanan (ADD), beberapa jam setelah Korea Utara melemparkan dua rudal balistik ke Laut Timur.

SLBM ditembakkan dari kapal selam Dosan Ahn Chang-ho kelas 3.000 ton di Pusat Uji ADD Anheung di Provinsi Chungcheong Selatan.

Rudal itu terbang dengan jarak yang direncanakan dan tepat mengenai target, kata kantor kepresidenan.

"Memiliki SLBM sangat berarti untuk mencegah ancaman segala arah dan diharapkan memiliki peran besar dalam pertahanan nasional dan perdamaian di Semenanjung Korea,” katanya dalam sebuah pernyataan.

ADD sebelumnya melakukan beberapa tes SLBM berbasis tangki air dan darat, termasuk tes ejeksi.

Saat ini, hanya enam negara yang memiliki SLBM dengan kemampuan operasi lapangan aktual. Mereka adalah Amerika Serikat, Rusia, Cina, Inggris, Prancis dan India.

Sementara itu, ADD juga berhasil dalam uji pemisahan rudal udara-ke-darat jarak jauh untuk digunakan oleh jet tempur generasi berikutnya KF-21, yang sedang dikembangkan Korea Selatan.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini