Lakukan 5 Hal Ini untuk Jaga Imunitas Setelah Vaksinasi

Lakukan 5 Hal Ini untuk Jaga Imunitas Setelah Vaksinasi Kredit Foto: GenPI

Meskipun pemerintah di beberapa daerah berstatus PPKM level 3-2 telah melonggarkan berbagai peraturan tersebut, alangkah baiknya kita tetap menjaga kesehatan diri.

Pasalnya, meski telah melakukan vaksinasi, kita perlu tetap menerapkan 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, dan mengurangi mobilitas.

Di bawah ini terdapat 5 kegiatan sederhana ini juga dapat coba dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga: Apa Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan 2?

Berjemur

Salah satu cara yang dianggap paling mudah dan praktis adalah dengan berjemur. Vitamin D yang diproduksi oleh tubuh dari proses berjemur di bawah sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Vitamin D dapat meningkatkan kadar kalsium dan fosfor di dalam tubuh, menjaga fungsi otot dan saraf, serta meningkatkan daya tahan atau sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Meski demikian, waktu-waktu berjemur yang disyaratkan adalah pagi hari sampai sekitar jam 10

Olahraga

Selain menjaga tubuh tetap bugar, olahraga juga memicu tubuh bekerja dari dalam untuk meningkatkan mood atau suasana hati. Olahraga yang intens dapat memicu otak untuk melepaskan neurotransmitter yaitu hormon endorfin.

Baca Juga: Jika Mengalami Beberapa Keluhan Ini saat Berolahraga, Penderita Diabetes Disarankan untuk Berhenti

Endorfin ini bertugas “mengirim pesan” kepada tubuh untuk menghilangkan rasa sakit yang juga dapat berdampak positif mengurangi stres. Hal ini tentu sangat membantu, terlebih saat menjalani masa PPKM yang membuat kita terpaksa mengurangi aktivitas maupun bertemu dengan teman.

Berkebun

Mempercantik halaman depan rumah dengan berbagai macam tanaman hias maupun buah dan sayuran yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan.

Selain untuk mempercantik halaman rumah dan memproduksi bahan makanan, berkebun juga bisa menjadi aktivitas yang tepat untuk mengisi waktu luang.

Berkebun dapat memberikan manfaat kesehatan tubuh dan mental yang lebih baik. Mulai dari meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan jantung, hingga dapat meredakan stres dan meningkatkan pikiran positif.

Rajin mencuci tangan

Dalam penerapan 5M, salah satunya ialah rajin mencuci tangan. Jangan dianggap sepele, kebiasaan ini penting untuk menjaga kebersihan diri, yakni dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Jika harus terpaksa melakukan kegiatan di luar rumah, bawalah hand sanitizer selalu di dalam tas. Cairan disinfektan ini lebih praktis untuk dibawa kemanapun, meskipun memang mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih baik.

Selain itu kita harus menahan diri untuk menyentuh daerah wajah dengan tangan yang kotor. Hal ini akan menyebabkan penyebaran virus dan bakteri.

Istirahat yang cukup

Istirahat juga sangat perlu, terutama setelah seharian melakukan kegiatan di dalam maupun di luar rumah. Istirahat dan tidur yang cukup dapat mempengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang mengontrol tingkat glukosa atau gula darah.

Baca Juga: Penting! Kondisi Ini Mengindikasikan Gejala Diabetes pada Tubuh

Kurang istirahat dapat membuat kadar gula darah lebih tinggi dari ambang batas normal yang mengakibatkan tubuh lebih rentan terserang diabetes.

Asupan vitamin dan mineral

Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu aliran nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, serta mencerna makanan.

Baca Juga: Lebih Mengenal Soal RSV, Apakah Berbahaya?

Mengkonsumsi vitamin juga perlu, baik dari suplemen maupun yang terdapat pada buah buahan serta sayuran. Beberapa vitamin yang penting bagi tubuh adalah vitamin B, B6, B12, D, E, B Kompleks, Asam Folat, serta Zinc.(*)

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini