Dahsyat! Bisa Mengatur Gula Darah, Seledri Tepat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Dahsyat! Bisa Mengatur Gula Darah, Seledri Tepat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes Kredit Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Mengidap atau menjandi penderita diabetes tentu bukanlah hal yang diinginkan setiap orang. Banyak usaha yang dilakukan agar kondisi tersebut tidak pernah terjadi pada kesehatan tubuh, salah satunya lewat asupan makanan ke dalam tubuh. Bagi penderita diabetes, tentu tidak sembarang makanan atau minuman dapat dikonsumsi. Lantas apa asupan yang bisa dimakan atau diminum penderita diabetes?

Baca Juga: Apa Itu Diabetes Melitus? Bagaimana Pencegahan dan Pengobatnnya?

Sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang bisa penderita diabetes konsumsi baik untuk menunjang kondisi diabetes yang diidap ataupun sekedar camilan aman. Namun salah satu yang mudah dijumpai adalah seledri. Memangnya ada kandungan dan manfaat apa di dalam seledri?

Melansir laman defeatdiabetes.org, Father of Western Medicine atau Bapak pengobatan barat yakni Hippocrates, mengakui kemampuan konsumsi seledri untuk mengurangi stres dan kecemasan. Ini kemungkinan karena profil mikronutrien kompleks seledri yang mencakup magnesium tingkat tinggi.

Seledri adalah sayuran rendah kalori, tinggi serat dan kaya antioksidan serta mengandung keajaiban nutrisi dengan berbagai manfaat kesehatan. Manfaat yang paling banyak diteliti dan divalidasi dari konsumsi seledri mentah adalah sifat anti-inflamasi dan membantu kesehatan saluran pencernaan dan sistem kardiovaskular.

Baca Juga: Apa Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan 2?

Vitamin C antioksidan ditemukan berlimpah dalam seledri, tetapi begitu juga banyak antioksidan lain yang berasal dari fitonutrien seledri yang berlimpah. Selain meningkatkan kesehatan jantung, kekayaan senyawa ini juga dapat membantu mencegah kanker, dan mengonsumsi seledri sebagai makanan utuh dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebagai sayuran rendah kalori dan gula, seledri direkomendasikan oleh banyak dokter dan ahli gizi sebagai camilan sehat bagi penderita diabetes, karena dapat membantu mengatur gula darah. Ngemil itu sendiri, bagaimanapun, adalah pokok dari "diet barat," dan terkait dengan timbulnya banyak penyakit kronis, termasuk diabetes.

Baca Juga: Apakah Madu Berbahaya untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes?

"Sementara kebanyakan orang melihat seledri sebagai makanan berair dan berkalori negatif, sayuran renyah ini sebenarnya adalah salah satu yang saya dorong banyak orang untuk dimasukkan ke dalam makanan mereka, terutama pasien saya dengan diabetes," kata Casey Seiden, RD, ahli diet dan penulis Meal Prep for Two sebagaimana dikutip dari laman livestrong.com.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini