Mau Berolahraga Setelah Vaksinasi? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Mau Berolahraga Setelah Vaksinasi? Perhatikan Beberapa Hal Ini Kredit Foto: Unsplash/Arek Adeoye

Kesehatan tubuh tidak didapat dengan instan melainkan ada usaha untuk mewujudkannya. Di masa pandemi ini selain melakukan vaksinasi, aktivitas fisik seperti olahraga juga perlu dilakukan. Beberapa gejala dirasakan saat setelah melakukan vaksinasi, dan ini adalah umum yang biasa terjadi.

Untuk orang-orang yang memang aktif berolahraga adanya gejala ini tentu agak menyulitkan, tetapi apakah sebenernya berolahraga setelah melakukan vaksinasi aman?

Baca Juga: Waspada! Jika Mengalami Ini saat Berjalan Kaki, Bisa Jadi Itu Peringatan Serangan Jantung

Melansir laman Health, Dr. Wyles seorang spesialis penyakit menular dan kepala bagian penyakit menular di Denver Health mengatakan bahwa tidak ada yang berbahaya dari berolahraga setelah Anda mendapatkan vaksin.

Bahkan jika tubuh memiliki beberapa efek samping yang lebih tidak nyaman seperti nyeri otot atau demam ringan. Satu-satunya risiko berolahraga setelah vaksin COVID-19 adalah bahwa beberapa efek samping dapat mengurangi kualitas latihan

Dr. Choi seorang ahli paru di Klinik Cleveland yang merawat pasien COVID-19 di unit perawatan intensif mengatakan tidak ada bukti bahwa berolahraga tepat sebelum atau sesudah vaksin akan berdampak pada efektivitas vaksin.

Baca Juga: Moderna Inc: Mereka yang Divaksinasi Tahun Lalu Dua Kali Lebih Mungkin Tertular Covid-19

Dr. Wyles merekomendasikan untuk mendengarkan tubuh Anda. Jika, setelah vaksinasi, Anda merasa tidak cukup sehat untuk berolahraga, istirahatlah selama satu hari.

"Tidak ada yang menghentikan Anda dari berolahraga setelah mendapatkan vaksin jika Anda dapat mentolerir efek sampingnya," kata Aditya Shah, MD, spesialis penyakit menular dan rawat inap di Mayo Clinic, kepada Health.

Dr. Shah memperingatkan juga jika tubuh mengalami efek samping yang melemahkan pasca vaksinasi seperti demam yang sangat tinggi atau kelelahan yang ekstrem, nyeri otot, atau kedinginanhubungi dokter Anda atau pergilah ke UGD.

Baca Juga: Dahsyat! Bisa Mengatur Gula Darah, Seledri Tepat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jika merasa tubuh mampu untuk berolahraga setelah vaksinasi, maka hal itu aman. Sebaliknya, jika terdapat efek samping yang cukup parah lebih baik istirahat terlebih dahulu dan hubungi tenaga kesehatan apabila efek samping dari vaksin terlampau parah. 

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini