Wajib Tahu! Mengenal Lebih dalam Manfaat Daun Mangga bagi Penderita Diabetes

Wajib Tahu! Mengenal Lebih dalam Manfaat Daun Mangga bagi Penderita Diabetes Kredit Foto: Pexels/Drift Shutterbug

Diabetes adalah momok yang ditakuti oleh setiap orang. Kondisi insulin yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, banyak menimbulkan masalah kesehatan. Bagi penderita diabetes, asupan makanan atau minuman pun harus dibatasi bahkan beberapa wajib untuk dihindari agar kondisi tidak semakin parah. Maka asupan yang aman bagi penderita diabetes adalah suatu yang penting agar tubuh tidak semakin menjadi parah.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Di antara jenis daun lainnya, mungkin daun mangga adalah nomor kesekian untuk dijadikan makanan ataupun minuman. Tetapi ada juga anggapan yang mengatakan bahwa daun mangga sangat baik untuk penderita diabetes. Benarkah demikian?

Melansir laman The Health Site, dalam pengobatan Tiongkok kuno, ekstrak daun mangga digunakan untuk mengobati diabetes dan asma. Daun mangga mengandung konstituen fenolik seperti asam caffeic, polifenol seperti mangiferin dan asam galat, flavonoid, senyawa volatil dan lain sebagainya. Semua ini membuat mangga menjadi produk alami antidiabetes, antioksidan, dan antialergi yang hebat.

Berikut manfaat daun mangga bagi penderita diabetes:

Menjaga Gula Darah

Tanin yang ada dalam daun mangga biasanya bertanggung jawab untuk menjaga gula arah dapat terkontrol. Ekstrak daun mangga membantu meningkatkan produksi insulin dan penyebaran glukosa, menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehat Ini Perlu Dilakukan Penderita Diabetes

Menurnkan Kadar Kolesterol

Ingat, diabetes akan menemukan cara untuk mempengaruhi semua organ utama Anda dan salah satunya adalah jantung Anda. Kadar kolesterol tinggi juga dapat merusak jantung Anda. Dan jika Anda penderita diabetes, keadaan bisa menjadi lebih buruk.

Tingginya jumlah serat, pektin, dan vitamin C yang ada dalam daun mangga membantu menurunkan kolesterol, terutama kadar LDL atau kolesterol jahat. Selain itu, flavonoid yang ada dalam buah juga dapat membantu menurunkan kadar lipid dan membuat arteri Anda kuat dan sehat.

Mengurangi Kemungkinan Retinopati Diabetik

Seperti buahnya, daunnya mangga juga memiliki vitamin A yang penting untuk kesehatan mata yang lebih baik. Inilah sebabnya mengapa daunnya juga dapat membantu seseorang untuk mencegah kerusakan mata sekaligus membantu mengontrol kadar gula darah.

Membuat Ginjal dan Hati tetap Sehat

Gagal ginjal karena diabetes sering terjadi. Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat melakukan kesalahan ini, mengkonsumsi daun mangga dapat membantu mengatasinya sampai batas tertentu. Daunnya juga dikenal dapat melarutkan batu ginjal dan menjaga kesehatan ginjal. Dengan cara yang sama, mereka juga membantu melawan batu empedu dan menjaga kesehatan hati Anda.

Baca Juga: Penting! Kondisi Ini Mengindikasikan Gejala Diabetes pada Tubuh

Itu tadi beberapa manfaat yang terkandung dalam daun mangga, bagi anda penderita diabetes ataupun sebagai langkah pencegahan.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini