Penting! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Sambal?

Penting! Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Sambal? Kredit Foto: Sindonews

Terbatasnya jenis asupan makanan dan minuman bagi penderita diabetes bukanlah tanpa alasan. Kondisi tubuh yang tidak bisa membiarkan kadar gula darah dalam skala tinggi harus diwudjukan salah satunya dengan pembatasan jenis makanan yang masuk ke tubuh. Artinya adalah makanan favorit yang semasa sehat sering dimakan, tidak semua dapat dimakan.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Sambal adalah jenis makanan yang mana sudah melekat dengan masyarakat Indonesia dan mungkin hampir semua orang menjadikannya sebagai favorit. Berbahan dasar cabai segar, jenis makanan ini cocok menjadi pendamping di berbagai jenis makanan. Lantas apakah penderita diabetes masih bisa menikmati sambal?

Melansir laman ndtv.com, sebuah tim internasional, yang dipimpin oleh peneliti asal India Dr Kiran Ahuja, telah menemukan bahwa cabai memiliki potensi untuk mencegah diabetes dan penyakit kardiovaskular, penyebab utama morbiditas dan mortalitas di banyak negara.

Baca Juga: Mengapa Penderita Diabetes Mengalami Kesemutan dan Bagaimana Mengatasinya?

Studi tersebut menemukan bahwa dua bahan aktif dalam cabai, capsaicin dan dihydrocapsaicin berpotensi menurunkan kadar glukosa darah dan insulin, mengurangi pembentukan timbunan lemak pada dinding arteri dan mencegah pembekuan darah.

Dalam studi mereka, para peneliti telah menemukan bahwa makan makanan yang mengandung cabai menurunkan glukosa darah dan konsentrasi insulin setelah makan. Kadar glukosa dan insulin yang tinggi terkait dengan peningkatan risiko perkembangan diabetes.

Studi tersebut mengungkapkan cabai membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL dan karenanya mengurangi kemungkinan pembentukan plak di arteri.

“Di masa depan, penambahan diet sederhana ini (penggunaan cabai) dapat membantu dalam pengelolaan kondisi diabetes dan penyakit jantung yang semakin umum dan serius” Dr Kiran Ahuja sebagaimana dikutip dari laman news-medical.net

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehat Ini Perlu Dilakukan Penderita Diabetes

Dr Ananya Mandal seorang dokter dan juga penulis medis mengatakan dalam tulisannya yang dikutip dari sumber terakhir yang disebut, mengatakan bahwa berdasarkan penelitian sebelumnya mengkonsumsi cabai oleh orang-orang dengan gangguan toleransi glukosa dan diabetes tipe-2 akan memberikan perbaikan yang signifikan dalam glukosa darah pasca makan, insulin dan faktor risiko lain untuk diabetes dan penyakit jantung.

Sambal Cabai Vs Sambal Olahan

Sekarang sudah jelas bahwa cabai sebagai bahan utama dari sambal sangat bermanfaat bagi penderita diabetes ataupun mencegah diabetes. Penurunan glukosa darah adalah poin utama dari manfaat kesehatan cabai bagi penderita diabetes. Yang jadi permasalahan adalah banyak sambal olahan yang sudah dicampur bahan lainnya.

Sebut saja penambahan gula olahan dan garam dalam jumlah tertentu yang nampaknya sangat sulit dihindari jika memang tidak “disengajakan” untuk dilakuan. Belum lagi penambahan minyak dan bahan-bahan lainnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Mengenal Lebih Dalam Manfaat Daun Mangga bagi Penderita Diabetes

Jadi kini Anda sudah tahu sambal cabai seperti apa yang kiranya bermanfaat dan aman bagi penderita Diabetes. Dan jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada tenaga kesehatan agar bisa dengan tepat serta mendapat pemeriksaan langsung kondisi tubuh.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini