Sering Dikaitkan dengan Diabetes, Apa Itu Insulin?

Sering Dikaitkan dengan Diabetes, Apa Itu Insulin? Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Jika membahas diabetes, maka istilah insulin bisa diibaratkan satu paket. Diabetes terjadi karena ada yang tidak beres berkaitan dengan insulin di tubuh. Lantas sebenarnya apa itu insulin. Seberapa penting insulin dalam tubuh manusia?

Melansir laman healthline, Insulin adalah hormon yang disekresikan oleh pankreas Anda. Peran utamanya adalah mengatur jumlah nutrisi yang beredar di aliran darah Anda. Meskipun insulin sebagian besar terlibat dalam manajemen gula darah, insulin juga mempengaruhi metabolisme lemak dan protein.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Saat Anda makan makanan yang mengandung karbohidrat, jumlah gula darah dalam aliran darah Anda meningkat. Sel-sel di pankreas Anda merasakan peningkatan ini dan melepaskan insulin ke dalam darah Anda. Insulin kemudian bergerak di sekitar aliran darah Anda, memberi tahu sel-sel Anda untuk mengambil gula dari darah Anda. Proses ini menghasilkan penurunan kadar gula darah.

Terutama gula darah tinggi dapat memiliki efek toksik, menyebabkan kerusakan parah dan berpotensi menyebabkan kematian jika tidak diobati.

Baca Juga: Penting! Kondisi Ini Mengindikasikan Gejala Diabetes pada Tubuh

Namun, sel terkadang berhenti merespons insulin dengan benar. Ini disebut resistensi insulin. Dalam kondisi ini, pankreas Anda menghasilkan lebih banyak insulin untuk menurunkan kadar gula darah Anda. Hal ini menyebabkan kadar insulin tinggi dalam darah Anda, yang disebut hiperinsulinemia.

Seiring waktu, sel-sel Anda mungkin menjadi semakin resisten terhadap insulin, yang mengakibatkan peningkatan kadar insulin dan gula darah. Akhirnya, pankreas Anda mungkin menjadi rusak, yang menyebabkan penurunan produksi insulin.

Baca Juga: Jika Mengalami Beberapa Keluhan Ini saat Berolahraga, Penderita Diabetes Disarankan untuk Berhenti

Setelah kadar gula darah melebihi ambang batas tertentu, Anda mungkin didiagnosis menderita diabetes tipe 2. Resistensi insulin adalah penyebab utama penyakit umum ini yang mempengaruhi sekitar 9% orang di seluruh dunia.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini