Wah... Ternyata Ini Alternatif Herbal untuk Penderita Diabebtes

Wah... Ternyata Ini Alternatif Herbal untuk Penderita Diabebtes Kredit Foto: Pexels/Artem Podrez

Bagi penderita diabetes tentu rutin mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter adalah sebuah hal yang wajib dilakukan. Bagi yang sampai sekarang belum terkonfirmasi mengidap diabetes, menjaga kesehatan adalah hal yang penting untuk dilakukan, seperti menjaga asupan makanan. Seringkali beberapa suplemen (obat) direkomendasikan untuk mengurangi tingkat gula darah yang tinggi dalam tubuh.

Namun yang pasti penggunaan obat terus menerus juga memiliki efek samping kesehatan lainnya. Dari kondisi itu membuat beberapa orang beralih ke alternatif konsumsi herbal untuk menjaga kesehatan khususnya soal diabetes. Adakah tanaman herbal yang cocok untuk penderita diabetes?

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Hal penting yang harus diketahui adalah selalu konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatan anda ketika ingin melakukan tindakan seperti mengonsumsi herbal.

menurut penelitian, ternyata ginseng sangat cocok untuk penderita diabetes. Bagaimana penjelasannya? Berikut informasinya yang dilansir dari laman webmd.com.

Dalam sebuah penelitian, orang dengan diabetes tipe 2 yang mengonsumsi ginseng dan serat yang sangat kental mirip dengan pektin mengalami penurunan kadar gula darah yang signifikan, lapor Alexandra Jenkins, kandidat PhD di University of Surrey, Inggris.

Baca Juga: Mengapa Luka pada Penderita Diabetes Butuh Waktu Lama untuk Sembuh?

Studi ini mendaftarkan 30 orang dengan diabetes yang obatnya membantu mengendalikan tetapi tidak menormalkan kadar gula darah. Para peserta menerima kapsul yang mengandung bubuk ginseng Amerika Utara dan serat yang sangat kental, atau kapsul tiruan, tiga kali sehari selama 12 minggu.

Setelah istirahat empat minggu, para peserta beralih ke rejimen alternatif, mereka yang telah menerima kapsul ginseng kemudian mengambil plasebo dan sebaliknya.

Penelitian menunjukkan sampel darah yang diambil sebelum dan sesudah setiap periode 12 minggu menunjukkan bahwa hemoglobin A1C - ukuran standar kadar gula darah - turun ke kisaran normal ketika peserta mengambil kapsul ginseng, tetapi tidak ketika mereka mengambil plasebo (obat kosong).

Persiapan herbal tampaknya aman, tanpa efek samping.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini