Otoritas Sekuritas dan Pasar Eropa: Volatilitas Aset Kripto Tumbuh Luar Biasa

Otoritas Sekuritas dan Pasar Eropa: Volatilitas Aset Kripto Tumbuh Luar Biasa Kredit Foto: Unsplash/Stanislaw Zarychta

Otoritas Sekuritas dan Pasar Eropa (ESMA) telah menerbitkan laporannya tentang tren, risiko, dan kerentanan di pasar Uni Eropa selama paruh pertama tahun 2021 (1H21).

Pengambilannya termasuk argumen bahwa volatilitas dan pertumbuhan pasar kripto yang luar biasa membuat kasus yang menarik untuk perlunya peraturan yang ditargetkan, seperti yang digambarkan dalam peraturan Pasar dalam Aset kripto yang diusulkan Komisi Eropa.

Banyak yang telah terjadi pada pemulihan UE dan pasar global selama 1H21 di tengah dampak berkelanjutan dari pandemi COVID-19. Laporan ESMA mencatat bahwa prospek ekonomi terus membaik secara keseluruhan, dengan ekonomi Eropa sekarang diperkirakan telah mencapai output pra-pandemi pada akhir 2022, lebih awal dari yang diperkirakan.

Baca Juga: Lagi Bingung Pilih Model iPhone 13? Coba Pakai Data Historis Bitcoin & Ether Buat Milih

Baca Juga: Punya Banyak Uang, Generasi Baby Boomers Australia Gandrungi Investasi Kripto

Pemulihan ini didorong oleh pelonggaran pembatasan kesehatan masyarakat, beberapa pengurangan ketidakpastian, dan aktivisme bank sentral dalam memberikan kebijakan moneter yang mendukung. Ketika datang  risiko jangka menengah dari iklim saat ini, ESMA telah mengambil pasar kripto sebagai pemimpin sentimen pasar dan dinamika selama enam bulan terakhir.

“Peningkatan valuasi di seluruh kelas aset, perubahan harga besar-besaran dalam aset kripto, dan risiko yang dipicu peristiwa yang diamati pada 1H21 di tengah peningkatan volume perdagangan menimbulkan pertanyaan tentang peningkatan perilaku pengambilan risiko dan kemungkinan kegembiraan pasar,” tulis laporan ESMA.

Kegembiraan ini, dalam pandangan ESMA, telah terlihat dalamperjalanan GameStop dan peningkatan yang lebih luas dari perdagangan ritel berbasis media sosial, ditambah dengan pertumbuhan harga yang besar dalam aset kripto pada kuartal pertama tahun ini. Sebagian besar peningkatan aktivitas perdagangan ini terjadi di luar batas peraturan UE, laporan tersebut menggarisbawahi, meningkatkan kekhawatiran perlindungan investor.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini