Dahsyat! Ini Manfaat Kesehatan yang Terkandung dalam Buah Blewah

Dahsyat! Ini Manfaat Kesehatan yang Terkandung dalam Buah Blewah Kredit Foto: Republika

Buah blewah seringkali digunakan untuk membuat sajian es buah yang menyegarkan. Blewah juga terasa lezat bila dikonsumsi langsung atau bersamaan dengan potongan buah-buahan lain. Selain lezat dan menyegarkan, blewah ternyata memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik untuk mata.

"Blewah merupakan jenis melon kaya gizi yang kurang mendapatkan perhatian karena manfaat kesehatannya," pungkas ahli gizi Trista Best MPH RD LD dari Balance One Supplements, seperti dilansir EatThis, Kamis (16/9).

Baca Juga: Penting! Apakah Mengonsumsi Sambal Aman untuk Penderita Diabetes?

Banyak orang yang mungkin belum menyadari bahwa konsumsi blewah sangat baik untuk menunjang kesehatan mata. Alasannya, blewah merupakan sumber beta karoten yang baik.

"Suatu nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan mata," tambah Best.

Studi dalam JAMA yang melibatkan 5.836 orang dewasa berusia 55 tahun atau lebih juga menunjukkan keunggulan blewah ini. Para partisipan yang mengonsumsi beta karoten, vitamin C, dan vitamin E lebih tinggi memiliki kejadian degenerasi makula terkait usia yang lebih rendah. Baik beta karoten, vitamin C, maupun vitamin E dapat ditemukan dalam blewah.

Tak hanya itu, blewah merupakan sumber alami untuk folat. Asupan folat tak hanya dapat mencegah gangguan tabung saraf dan meningkatkan fungsi kognitif, tetapi juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan mata.

Baca Juga: Penting! Ini Pencegahan dan Perawatan Luka yang Dialami Penderita Diabetes

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi pada JAMA Ophthalmology yang melibatkan partisipan dewasa berusia di atas 40 tahun. Studi tersebut menemukan bahwa asupan folat yang lebih tinggi berkaitan dengan tingkat kejadian glaukoma eksfoliasi atau suspek glaukoma eksfoliasi yang lebih rendah.

Oleh karena itu, blewah dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata. Sebagai "bonus", blewah juga dapat memuaskan keinginan untuk menyantap makanan manis dengan cara yang lebih sehat.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini