Literasi Keamanan Siber Dukung Keberhasilan Transformasi Digital

Literasi Keamanan Siber Dukung Keberhasilan Transformasi Digital Kredit Foto: Shutterstock/LookerStudio

Huawei Indonesia bersama Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), Perguruan Tinggi Kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), kembali menggelar Huawei TechDay yang mengusung tema keamanan siber dalam transformasi digital.

Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi BSSN, Yoseph Puguh mengatakan bahwa selain menciptakan peluang-peluang positif, transformasi digital juga membuka peluang adanya ancaman terhadap keamanan siber. Untuk itu, kesadaran dan pemahaman akan keamanan siber di kalangan masyarakat Indonesia sangat penting untuk dibangun dan terus ditingkatkan.

Ia juga menyampaikan pemerintah telah menyiapkan berbagai program untuk meningkatkan literasi keamanan siber, termasuk program-program pengembangan kompetensi SDM Digital di bidang keamanan siber. Tujuannya adalah agar transformasi digital di seluruh sektor terakselerasi dan berjalan dengan sukses menuju terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Teknologinya Gak Main-Main, Berikut Review dan Harga FreeBuds 4 Milik Huawei

“Untuk merealisasikan misi ini, pemerintah membutuhkan dukungan pemangku kepentingan yang lain, seperti pelaku industri, dunia pendidikan, komunitas dan media. Apresiasi yang tinggi kepada Huawei Indonesia, Poltek SSN, BPPT, dan Telkomsel atas kontribusinya dalam meningkatkan literasi keamanan siber,” ujar Yoseph.

Sementara itu, Direktur Poltek SSN, Nunil Pantjawati mengatakan bahwa literasi keamanan siber menjadi fondasi yang sangat penting khususnya bagi para mahasiswa Poltek SSN yang tengah disiapkan sebagai SDM Digital Indonesia masa depan yang berkompetensi.

Ia lebih lanjut menruskan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya kemanan siber merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi SDM Digital karena ancaman di dunia siber tidak hanya datang dari pihak lain tapi juga bisa muncul dari pengguna teknologi itu sendiri.

“Oleh karena itu, dengan adanya dukungan alih pengetahuan dari pakar TIK terkemuka dunia Huawei, kami berharap mampu meningkatkan literasi keamanan siber bagi publik, terutama civitas akademika Poltek SSN, sehingga bisa meningkatkan kewaspadaan dan optimalisasi dalam pemanfaatan teknologi digital,” ujar Nunil.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini