Pujian Gibran ke Anies Baswedan Itu Wajar Kok, Politisi PDIP: Dalam Filosofi Kepemimpinan Jawa...

Pujian Gibran ke Anies Baswedan Itu Wajar Kok, Politisi PDIP: Dalam Filosofi Kepemimpinan Jawa... Kredit Foto: Instagram Anies Baswedan

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah menilai pujian Wali Kota Solo Gibran Rakabumi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas keberhasilan menekan penyebaran Covid 19 adalah sesuatu yang wajar.

Namun, Gibran paham sukses penanganan Covid-19 di Indonesia termasuk wilayah DKI Jakarta berkat kerja keras Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan ayah kandungnya sendiri.

"Menurut Kepala BNPB Ganip Warsito, saat ini negara Indonesia masuk rangking keenam dunia yang dinilai terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19," ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan itu.

Baca Juga: Gibran Puji-puji Anies Baswedan: PDIP Kaget, PSI Tak Terima

Ahmad Basarah menambahkan, DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi di wilayah NKRI, sehingga penanganan Covid 19 nya tidak terlepas dari strategi penanganan yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi selaku Kepala Pemerintahan Republik Indonesia.

"Dalam filosofi kepemimpinan Jawa, akan dianggap wagu atau kurang etis kalau kita memuji-muji diri sendiri atau keluarga kita, sehingga pujian sukses penanganan Covid 19 itu diarahkan kepada Gubernur DKI," ungkap pria berusia 53 tahun itu.

Baca Juga: Mohon Maaf Mas Gibran, Anda Belum Layak Maju Pilkada DKI, Cocoknya Orang PDIP Ini...

"Tapi Gibran menyerahkan penilaian keberhasilan sukses Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi global Covid 19 tersebut kepada rakyat", sambung Ketua Umum Persatuan Alumni GMNI itu.

Alumunus Universotas Diponegoro itu mengingatkan begitu juga sebaliknya, dengan pujian Gibran tersebut secara tersirat Anies juga diharapkan bisa bersikap fair dan jujur untuk mau mengakui kesuksesan kepemimpinan Presiden Jokowi dalam mengatasi pandemi Covid 19 di Tanah Air.

Termasuk wilayah kerja Gubernur Anies karena DKI Jakarta bagian dari provinsi Negara Republik Indonesia dan bukan bersifat "negara dalam negara".

"Sikap pemimpin yang jujur dan obyektif seperti itu sangat penting sebagai sarana pendidikan politik rakyat dan memperkuat etika kehidupan berbangsa dan bernegara kita," harap Basarah lagi

Namun, Basarah mengaku tidak melihat Gibran memuji Anies karena dia punya motif untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta di 2024 mendatang.

"Saya tidak melihat pujian Gibran kepada Anies karena dia punya motif untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta di 2024 yang akan datang karena baik Gibran maupun PDI Perjuangan sendiri sebagai partai tempat Gibran bernanung masih fokus untuk membantu Presiden Jokowi untuk berjuang mengatasi pandemi global Covid 19," pungkas Basarah.

Baca Juga: Mohon Maaf Mas Gibran, Anda Belum Layak Maju Pilkada DKI, Cocoknya Orang PDIP Ini...

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini