Apa Benar Diabetes Bisa Picu Kerontokan Rambut?

Apa Benar Diabetes Bisa Picu Kerontokan Rambut? Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Diabetes adalah salah satu penyakit paling umum yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia. Indonesia sendiri menempati urutan keenam dari 10 negara dengan pasien diabetes tertinggi yakni sekitar 10,3 juta pasien pada tahun 2017.

Para ahli juga telah mengaitkan rambut rontok dengan berbagai kondisi kesehatan dan penyakit, salah satunya rambut rontok. Seperti dilansir dari Times Now News berikut beberapa faktor yang membuat pasien diabetes bisa mengalami kerontokan rambut.

Baca Juga: Bukan Hanya Satu Masalah, Diabetes Juga Pengerahui Keshatan Gigi dan Gusi

Stres

Kesehatan mental yang terganggu dapat menyebabkan stres. Diabetes adalah suatu kondisi yang mengharuskan seseorang untuk memperhatikan kesehatannya. Proses ini bisa melelahkan dan membuat stres. Orang yang mengalami stres dalam waktu lama sering mengalami ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Alopecia areata

Ini merupakan suatu penyakit autoimun ketika imun tubuh menyerang sel-sel sehat pada tubuh sendiri. Dalam kondisi ini, folikel rambut diserang oleh sistem imun sehingga menyebabkan rambut rontok dan pertumbuhan rambut yang buruk. Orang yang menderita diabetes lebih mungkin mengembangkan kondisi ini.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Kadar gula darah tidak sehat

Pengelolaan kadar gula darah penting karena kadar gula darah yang tidak sehat dalam tubuh selanjutnya dapat menyebabkan perkembangan kondisi kesehatan lain seperti rambut rontok.

Adapun untuk mengobati rambut rontok akibat diabetes bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya menghilangkan stres melalui metode seperti yoga, olahraga, aromaterapi, dan meditasi. Lalu memantau kadar gula darah untuk menghindari fluktuasi yang tiba-tiba.

Baca Juga: Erat Kaitannya dengan Diabetes, Ternyata Penyebab Utama Obesitas Bukan karena Makan Berlebihan

Penderita juga harus mempertahankan gaya hidup sehat dan menindari aktivitas seperti minum alkohol dan merokok. Pastikan tidur Anda cukup dan berkualitas, serta tetap terhidrasi setiap saat.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini