Racunnya Ini Karena Jokowi Merasa Populer

Racunnya Ini Karena Jokowi Merasa Populer Kredit Foto: Antara/Bagus Indahono/Pool

Pendiri lembaga survei KedaiKopi Hendri Satrio membeberkan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa percaya diri untuk menjabat selama 3 periode.

"Latar belakang yang paling jelas dari tiga periode itu karena dia merasa populer," ujar Hendri Satrio dalam webinar berjudul Petik Pelajaran, Ngotot 3 Periode Presiden Guinea Digulingkan yang digelar beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Jokowi, Menteri PDIP Siap-siap Saja Terdepak...

Menurut pria yang akrab disapa Hensat ini lembaganya juga sempat melakukan survei dan menemukan bahwa kepopuleran Jokowi di periode ke-2 mendapat nilai 67 persen.

"Oleh karena itu dia merasa segala hal yang dilakukan itu disetujui. Racunnya ini karena Jokowi merasa populer," katanya.

Kendati demikian, dirinya mengatakan bahwa masih ada kesempatan agar rakyat tidak dipengaruhi atau bisa menggagalkan 3 periode ini.

"Pertama, Preside Jokowi sendiri, kedua MPR, ketiga media massa, keempat masyarakat sipil plus mahasiswa, dan kelima adalah ibu rumah tangga," ujar Hendri Satrio.

Kendati demikian, menurutnya, isu penambahan masa jabatan Jokowi memiliki sistem-sistem yang perlu dikhawatirkan. Pertama, yakni amendemen UUD 45’ dan kedua rapatnya barisan koalisi di istana.

"Kemarin sudah dikumpulkan oleh presiden di Istana, mereka partai politik yang punya kekuatan voting di DPR," katanya.

Baca Juga: Jokowi Ngaku Tolak 3 Periode, Jerry Massie: Berani Gak Sumpah di Bawah Al-Qur'an?

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini