Jurus Jitu Agar Tagihan Listrik Hemat Hingga 200 Persen, Intip Cara Ini...

Jurus Jitu Agar Tagihan Listrik Hemat Hingga 200 Persen, Intip Cara Ini... Kredit Foto: Rawpixel

Tagihan listrik yang membengkak pasti akan membuat alokasi anggaran rumah menjadi lebih besar, apalagi jika di rumah terdapat banyak peralatan elektronik seperti kulkas, AC, TV hingga dispenser.

Penggunaan alat-alat elektronik inilah yang biasanya menjadi salah satu faktor mengapa tagihan listrik bulanan menjadi membengkak, namun bukan berarti tidak bisa diatasi.

Terlebih lagi saat ini sudah banyak cara untuk menyiasati listrik agar lebih hemat, berikut caranya, seperti dirangkum, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga: Tekan Emisi Karbon, Tugu Insurance Hadirkan Asuransi Mobil Listrik

Menggunakan listrik prabayar

Agar listrik lebih hemat, Anda  dapat menggunakan sistem listrik prabayar yang dikelola langsung oleh pemerintah melalui perusahaan listrik negara atau PLN. 

Dengan menggunakan sistem meteran listrik prabayar maka penggunanya akan jauh lebih merasa diuntungkan, karena dapat mengatur besar kecil penggunaan listrik di rumah secara berkala. Bahkan tanpa disadari sistem ini juga memaksa penggunanya agar lebih bijak dan hemat saat memakai listrik. Baca Juga: BTN Bidik Pembiayaan Perumahan MBR di Sumatera Utara

Mematikan peralatan yang tidak digunakan

Cara berikutnya untuk menghemat listrik adalah dengan mengefisiensikan penggunaannya. Sebagai contoh Anda  bisa berhenti meninggalkan charger ponsel yang selalu terhubung ke stop kontak saat tidak digunakan.

Pasalnya meskipun tidak digunakan arus listrik masih tetap mengalir pada kabel-kabel yang terhubung dengan stop kontak. Sehingga bisa dibilang listrik itu terbuang sia-sia bukan?

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini