Mobilisasi Dukungan Ganjar Pranowo untuk 2024 Membesar

Mobilisasi Dukungan Ganjar Pranowo untuk 2024 Membesar Kredit Foto: Instagram/Ganjar Pranowo

Para relawan Jokowi ramai-ramai mendeklarasikan dukungan ke Ganjar Pranowo untuk maju di Pilpres 2024. Mereka beralasan, Ganjar adalah The Next Jokowi. Mendengar ini, Gubernur Jawa Tengah tersebut malah terbahak-bahak.
 
Ganjar menegaskan, dirinya tidak memikirkan 2024. Fokus dirinya saat ini adalah menanggulangi pandemi Covid-19.
 
"Saya mendorong agar semuanya ngurusi Covid-19," ucapnya, sambil tertawa, saat ditanya wartawan, usai menghadiri acara Persatuan Radio TV Publik Daerah se-Indonesia bersama Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan sejumlah kepala daerah, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Pasuruan, Jawa Timur, kemarin.
 
Sehari sebelumnya, Ganjar juga menampik ada komunikasi antara dirinya dengan relawan-relawan Jokowi terkait deklarasi dukungan untuk dirinya. "Tidak, tidak pernah," ucapnya.
 
Ganjar memang kerap menghindar dan ogah jika ditanyai soal Pilpres 2024. Jawabannya pasti, ngurusin Covid-19.
 
Di lapangan, sejumlah relawan Jokowi mulai berbondong-bondong mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar. Salah satunya, Jokowi Mania (JoMan). Ketua Umum Joman Immanuel Ebenezer beralasan, deklarasi itu dilakukan atas dorongan dari akar rumput. Bukti lainnya, Ganjar sering unggul secara elektabilitas di berbagai lembaga survei. 
 
Karena itu, hitungannya, Ganjar punya potensi besar untuk jadi presiden. "Akar rumput memang menghendaki Ganjar jadi The Next Jokowi," ucap pria yang akrab disapa Noe ini, Kamis (16/9) 
 
Kemarin, gabungan relawan Jokowi di Jawa Timur mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar. Sebanyak 75 relawan hadir di Hotel Garden Palace mewakili sejumlah nama relawan Jokowi. Dua di antaranya JoMan dan Laskar Relawan Jokowi (LRJ). 

 

Gabungan relawan ini kemudian mengatasnamakan dirinya sebagai Ganjar Pranowo (GP) Mania. Mereka sepakat mendukung Ganjar maju di Pilpres 2024 sebagai 'The Next Jokowi'.
 
Warganet pro dan kontra merespons deklarasi relawan Jokowi untuk Ganjar ini. Akun @Lunawijayaaa termasuk yang kontra. "Menyebalkan. Masih 2021 sudah fafifu 2024," sentilnya. "Selow sikitlah masih 3 tahun lagi, belum tentu juga beliau nyapres ya toh," timpal @WanXman. 
 
Sedangkan pendukung Ganjar tak masalah dengan deklarasi relawan Jokowi itu. Salah satunya akun @Daspan_Arya. Meskipun Ganjar belum punya kepastian akan diusung partai di 2024. "Aku pasti ikutan ke mana pun Pak Ganjar berlabuh! Asal jangan berlabuh di PKS atau Partai Demokrat!" kicaunya. 
 
Lalu, bagaimana secara politik? Pengamat politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai, Ganjar belum bisa disejajarkan dengan Jokowi ketika mencalonkan diri sebagai Capres di 2014. Makanya, klaim Ganjar sebagai The Next Jokowi berlebihan.
 
"Ya jauh. Waktu Pak Jokowi jadi Gubernur Jakarta, itu beberapa programnya sudah sangat nasionalable. Kayak Kartu Jakarta Sehat, Kartu Jakarta Pintar dan lainnya," nilai Hensat, ketika dihubungi tadi malam.
 
Selain itu, Jokowi juga hadir dengan momentum politik baru, yakni blusukan. Sehingga kemudian menjadi sangat populer di masyarakat. "Ganjar nggak punya tren politik baru. Masih jauh kalau dibandingkan dengan Jokowi," sambungnya.

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini