Hanura Pilih Guyon saat Bahas Isu Reshuffle: Kami Siap Isi Jabatan Menteri, Tapi Pak Jokowi...

Hanura Pilih Guyon saat Bahas Isu Reshuffle: Kami Siap Isi Jabatan Menteri, Tapi Pak Jokowi... Kredit Foto: Gedepaseksuardika,blogspot.com

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menunggu kepastian terjadinya reshuffle kabinet yang dikabarkan terjadi pada Oktober mendatang. Partai pimpinan Ketua Umum Oesman Sapta Odang (OSO) pun ogah cawe-cawe, tapi siap mengirimkan kader terbaiknya kalau diminta mengisi jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

"Kita tunggu saja dinamika berikutnya. Hanura selalu memakai hati dalam perjuangan politiknya. Sejak dahulu Hanura selalu siap. Yang belum siap yang memberikan kesempatan he he he," kelakar Sekretaris Jenderal Hanura, Gede Pasek Suardika, sebagaimana dikutip dari Rakyat Merdeka.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Jokowi, Menteri PDIP Siap-siap Saja Terdepak...

Politisi asal Bali ini mengatakan loyalitas partainya terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak perlu diragukan lagi. Hanura menjadi partai pengusung Jokowi menjelang Pilpres 2014. Kala itu, Hanura berkoalisi bersama PDIP, NasDem, dan PKB.

Pasca-kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla di Pemilu 2014, Hanura mendapat jatah dua kursi menteri di pemerintahan yaitu Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Saleh Husin sebagai Menteri Perindustrian.

Masuk Pemilu 2019, Hanura tetap mengusung Jokowi yang berduet dengan Ma'ruf Amin. Koalisi pendukung pemerintah ini gemuk dengan masuknya PPP, Golkar, dan PAN yang sebelumnya mendukung Prabowo-Hatta di Pemilu 2014.

Belakangan, koalisi tambah gemuk lagi dengan masuknya Gerindra dan terakhir PAN kedalam koalisi pemerintahan. Namun, di era Jokowi-Ma’ruf, Hanura belum mendapatkan jabatan kursi menteri.

"Harus diakui, mengawal sebagai partai pengusung dalam kondisi begini tidak maksimal. Sebab, belum terlibat di dalamnya secara langsung," ungkapnya.

Mantan politisi Partai Demokrat ini menegaskan, Hanura menyerahkan urusan reshuffle sepenuhnya kepada Presiden. Intinya, Partai Hanura tetap mendukung program Pemerintah. Apalagi, saat ini masyarakat sangat membutuhkan peran negara dalam upaya bangkit dari pandemi Covid-19.

Baca Juga: Reshuffle! 4 Menteri Ini Harap Siap-siap, Kesalahannya Disebut-sebut...

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini