Produsen Rokok Bingung Banget dengan Kebijakan Anies: Bisa Makin Terpuruk dari Hulu ke Hilir

Produsen Rokok Bingung Banget dengan Kebijakan Anies: Bisa Makin Terpuruk dari Hulu ke Hilir Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan

Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat industri hasil tembakau (IHT) terancam potensi penurunan. Kebijakan itu ialah Seruan Gubernur DKI Jakarta No 8 Tahun 2021 tentang Pembinaan Kawasan Dilarang Merokok.

Gabungan Produsen Rokok Putih Indonesia (Gaprindo) pun angkat suara mengenai seruan itu. Menurut Ketua Gaprindo Benny Wachyudi, seruan gubernur DKI Jakarta bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 109 Tahun 2012.

"IHT bisa makin terpuruk dari hulu ke hilir," kata Benny dalam diskusi virtual bertajuk Seruan Gubernur DKI Jakarta, IHT, dan Sektor Ritel Makin Sekarat yang digelar belum lama ini.

Baca Juga: Kans Anies Baswedan Menjadi Calon Presiden 2024 Tipis?

Menurut Benny, semua lini mendapatkan dampak negatif akibat pandemi virus corona (covid-19). "Mulai kenaikan cukai hingga sekarang diperparah dengan seruan gubernur ini," kata Benny.

Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) pun segendang sepenarian dengan Benny. Dewan Penasihat Hippindo Tutum Rahanta menyebut kebijakan Anies kurang tepat.

"Ketika kondisi ekonomi masih dalam tahapan recovery, seruan gubernur ini justru mengganggu aktivitas perekonomian masyarakat," kata Tutum.

Baca Juga: Mas Anies Siap-Siap Yah, KPK Sudah Terima Aduan Proyek Formula E

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini