Dibandingkan 3 Komoditas Minyak Nabati Lainnya, Pertumbuhan Minyak Sawit Diprediksi Lebih Unggul

Dibandingkan 3 Komoditas Minyak Nabati Lainnya, Pertumbuhan Minyak Sawit Diprediksi Lebih Unggul Kredit Foto: Antara/Akbar Tado

Bidang SDM dan Internasional DPP APKASINDO, Djono Albar Burhan menerangkan produktivitas minyak kelapa sawit dalam kategori minyak nabati memiliki produktivitas paling besar, yaitu 4,27 per ton/ha/tahun.

Melihat itu, tentunya membuat minyak kelapa sawit punya produktivitas terbesar dibanding produktivitas biji rapa yang berada pada posisi kedua  yakni sebesar 0,69, bunga matahari 0,52, kedelai 0,45, dan biji kapas 0,19.

“Kita lihat pertumbuhan di tahun 2020 dan proyeksi di tahun 2030 yang signifikan sawit yang paling signifikan pertumbuhan permintaannya kelapa sawit,” katanya dalam dalam Palm Oil Edutalk D.I. Yogyakarta tentang Kupas Tuntas Mitos dan Fakta tentang Kepala Sawit, Sabtu (18/9/2021).

Ada pun dalam hal permintaan global yang diproyeksikan dari tahun 2020-2030, permintaan minyak kelapa sawit mengalami pertumbuhan rata-rata tertinggi dibandingkan jenis minyak nabati lainnya yakni sebesar 6,02 persen.

Sedangkan permintaan minyak biji tanaman mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 3,31 persen, minyak kedelai sebesar 3,70 persen, dan minyak bunga matahari sebesar 4,96 persen.

“karena dengan produksi yang besar dibandingkan minyak nabati lainnya lebih terjangkau dibandingkan minyak nabati lainnya karena lebih efisien dan produktif dibandingkan lainnya,” ujarnya.

Untuk Indonesia, sebut Djono, 5 provinsi yang memiliki lahan kelapa sawit terbesar berada di Provinsi Riau, disusul Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, dan Kalimantan Timur.

Ada pun dalam aspek kesejahteraan, berdasarkan penelitian yang dilakukan Ryan B. Edward pada 2010., perkebunan sawit sejak tahun 2000 memberiikan kontribusi membantu 10 juta orang lepas dari jerat kemiskinan.

“Setidaknya 1,3 juta masyarakat pedesaan keluar dari garis kemiskinan,” pungkasnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini