Apakah Keju Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes Tipe 2?

Apakah Keju Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes Tipe 2? Kredit Foto: Pexels/NastyaSensei

Memakan camilan favorit memang sangatlah menyenangkan, namun hal ini tidak berlaku bagi penderita diabetes. Asupan makanan ataupun minuman harus benar-benar dipastikan aman bagi kondisi gula darah dalam tubuh orang dengan kondisi diabetes.

Keju dengan rasa khas tak ayal juga menjadi salah satu favorit makanan oleh sebagian orang, tak terkecuali penderita diabetes. Tetapi apakah keju aman dikonsumsi penderita diabetes?

Baca Juga: Penting! Ini Pencegahan dan Perawatan Luka yang Dialami Penderita Diabetes

Melansir laman kesehatan livestrong.com, dengan kandungan karbohidratnya yang rendah, keju merupakan salah satu camilan terbaik untuk penderita diabetes. Namun, beberapa varietas keju tinggi lemak dan kalori dan harus dinikmati dalam jumlah sedang.

Statistik diabetes menunjukkan obesitas dan diabetes sangat berhubungan, jadi penting untuk memperhatikan asupan kalori Anda dan makan dengan penuh perhatian.

Kandungan Gizi Keju

Sebagian besar jenis keju dibuat dengan kasein (protein susu), lemak susu, bakteri, air dan garam. Nilai gizi mereka tergantung pada proses produksi dan bahan yang digunakan. Beberapa produsen menambahkan bumbu, rempah-rempah, buah kering dan kultur cetakan khusus untuk rasa ekstra. Ratusan jenis keju ada, dari keju cottage hingga gouda, feta, biru Denmark, Camembert, dan keju asap.

Beberapa varietas atau jenis keju lebih tinggi lemak dan kalori daripada yang lain. Satu porsi keju parmesan parut (1 ons), misalnya, mengandung 119 kalori, 7,8 gram lemak, 3,9 gram karbohidrat, dan 8 gram protein. Keju cheddar memiliki 114 kalori, 6,4 gram protein, 9,3 gram lemak, dan 0,9 gram karbohidrat per porsi (1 ons). Jumlah keju feta yang sama hanya menyediakan 75 kalori, 6 gram lemak, 1,1 gram karbohidrat, dan 4 gram protein.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Meskipun kandungan lemaknya tinggi, keju tidak buruk untuk Anda. Faktanya, beberapa penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun telah mengaitkan makanan olahan susu dengan tingkat obesitas, penyakit jantung, dan gangguan metabolisme yang lebih rendah.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini