Penting! Tidak Boleh Sembarangan, Berikut Kebutuhan Kalori untuk Penderita Diabetes

Penting! Tidak Boleh Sembarangan, Berikut Kebutuhan Kalori untuk Penderita Diabetes Kredit Foto: Unsplash

Satu hal yang bisa dipastikan oleh penderita diabetes adalah tidak bisa lagi sesuka hati memasukan makanan dan minuman ke dalam tubuh. Kondisi ini dimaksudkan untuk menjaga kadar gula darah agar tetap dalam skala normal. Sebenarnya berapa kebutuhan kalori untuk penderita diabetes? Berikut informasinya.

Melansir laman kesehatan livestrong.com, Seperti halnya orang dewasa yang sehat, kebutuhan kalori penderita diabetes bergantung pada jenis kelamin, berat badan, dan tingkat aktivitas fisik.

Jika Anda menderita diabetes, diskusikan kebutuhan kalori dan nutrisi Anda dengan dokter atau ahli diet Anda.

Baca Juga: Jarang Terdengar, Jenis Tanaman Ini Ternyata Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

1.200 hingga 1.600 Kalori

National Diabetes Information Clearinghouse merekomendasikan diet 1.200 hingga 1.600 kalori untuk wanita bertubuh kecil yang berolahraga, wanita berukuran kecil dan sedang yang ingin menurunkan berat badan, dan wanita berukuran sedang yang relatif tidak aktif. Diet ini harus mencakup enam porsi pati, dua porsi susu dan produk susu lainnya, tiga porsi sayuran, 4 hingga 6 ons. daging atau pengganti daging, dua porsi buah dan hingga tiga porsi lemak.

1.600 hingga 2.000 Kalori

Clearinghouse diabetes merekomendasikan diet 1.600 hingga 2.000 kalori untuk hal berikut: wanita besar yang ingin menurunkan berat badan, pria kecil yang tidak perlu menurunkan berat badan, pria berukuran sedang yang relatif tidak aktif dan pria berukuran sedang dan besar yang ingin menurunkan berat badan. Diet ini harus mencakup delapan porsi pati, dua porsi susu dan produk susu, empat porsi sayuran, tiga porsi buah, 4 hingga 6 ons. daging atau pengganti daging dan hingga empat porsi lemak.

2.000 hingga 2.400 Kalori

Clearinghouse diabetes menyarankan diet 2.000 hingga 2.400 kalori untuk orang dewasa berukuran sedang dan besar yang aktif secara fisik dan pria besar yang tidak perlu menurunkan berat badan. Diet ini harus mencakup 10 porsi pati, dua porsi susu dan produk susu, empat porsi sayuran, empat porsi buah, 5 hingga 7 ons. daging atau pengganti daging dan hingga lima porsi lemak.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Ukuran Porsi

Daftar pertukaran diabetes memberikan informasi ukuran porsi khusus sehingga Anda tahu berapa banyak dari setiap makanan dalam kelompok yang bisa Anda makan. Dalam setiap kelompok makanan, satu porsi makanan harus menyediakan jumlah karbohidrat, protein, dan lemak yang sama.

Penjadwalan Makan

Mengikuti jadwal makan dan camilan yang konsisten diperlukan untuk mengatur kadar glukosa darah. Cobalah makan setiap tiga jam, dan ganti makanan dengan camilan. Misalnya, sarapan jam 7 pagi, snack pagi jam 10 pagi, makan siang jam 1 siang, snack sore jam 4 sore, makan malam jam 7 malam. dan snack sore jam 10 malam.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehat Ini Perlu Dilakukan Penderita Diabetes

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini