Apakah Diabetes Tipe 1 Bisa Disembuhkan?

Apakah Diabetes Tipe 1 Bisa Disembuhkan? Kredit Foto: Pexels/Artem Podrez

Mendapat kondisi kesehatan buruk seperti diabetes tentu bukanlah sebuah hal yang diinginkan setiap orang. “Teror” kadar gula yang tinggi selalu bisa terjadi apabila penderita diabetes tidak mengontrol asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa kondisi khusus seperti diabetes tipe 1 erat kaitannya dengan faktor keturunan, tetapi apakah diabetes tipe 1 bisa disembuhkan?

Pertanyaan tersebut mungkin sering terlintas dalam pikiran. Apakah ada obat yang bisa menghilangkan kondisi diabetes? Apakah ada treatment yang memang bisa menghilangkan diabetes?

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Mengutip laman kidshealth.org, Hal pertama yang harus dipahami dalam mengobati diabetes adalah kadar glukosa darah Anda, yang merupakan jumlah glukosa dalam darah. Glukosa adalah gula yang berasal dari makanan yang kita makan dan juga dibentuk dan disimpan di dalam tubuh.

Ini adalah sumber energi utama untuk sel-sel tubuh, dan dibawa ke mereka melalui darah. Glukosa masuk ke dalam sel dengan bantuan hormon insulin.

Jadi bagaimana kadar glukosa darah berhubungan dengan diabetes tipe 1? Orang dengan diabetes tipe 1 tidak dapat lagi memproduksi insulin. Ini berarti glukosa tetap berada dalam aliran darah dan tidak masuk ke dalam sel, menyebabkan kadar glukosa darah menjadi terlalu tinggi.

Menyembuhkan Diabetes?

Melansir laman Medical News Today, Tidak ada obat untuk diabetes saat ini, tetapi penyakit ini dapat mengalami remisi.

Ketika diabetes mengalami remisi, itu berarti tubuh tidak menunjukkan tanda-tanda diabetes, meskipun penyakit ini secara teknis masih ada.

Baca Juga: Penting! Stres Dapat Memperburuk Diabetes

Dokter belum mencapai konsensus akhir tentang apa sebenarnya yang dimaksud dengan remisi, tetapi mereka semua memasukkan tingkat A1C di bawah 6 persen sebagai faktor yang signifikan. Kadar A1C menunjukkan kadar gula darah seseorang selama 3 bulan.

Remisi Diabetes

Masih dalam sumber yang terakhir disebut, remisi dalam kasus diabetes dibagi menjadi 3 sebagai berikut:

  • Remisi parsial: Ketika seseorang telah mempertahankan kadar glukosa darah lebih rendah dari seseorang dengan diabetes selama minimal 1 tahun tanpa perlu menggunakan obat diabetes.
  • Remisi lengkap: Ketika kadar glukosa darah kembali ke tingkat normal sepenuhnya di luar kisaran diabetes atau pradiabetes dan tetap di sana selama minimal 1 tahun tanpa obat apa pun.

  • Remisi berkepanjangan: Ketika remisi lengkap berlangsung setidaknya selama 5 tahun.

Kembali harus ditekankan bahwa diabetes tidak bisa disembuhkan. Bahkan jika seseorang mempertahankan kadar gula darah normal selama 20 tahun, dokter masih akan menganggap diabetes mereka dalam remisi daripada sembuh (diabetes hilang).

Baca Juga: Sering Onani? Wajib Waspada! Ini Risiko Dampak Kesehatannya untuk Tubuh

Mencapai kondisi remisi diabetes bisa dicapai dengan membuat perubahan pada rutinitas olahraga atau diet (pola makan).

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini